Presiden Dukung OJK Bangun Reformasi Asuransi

Presiden Dukung OJK Bangun Reformasi Asuransi
Joko Widodo. ( Foto: Antara )
Lona Olavia / YUD Kamis, 16 Januari 2020 | 17:36 WIB

Jakarta, Beritasatu.com Guna memperbaiki kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi, Presiden Joko Widodo mendukung penuh langkah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mereformasi bidang Industri Keuangan Non Bank (IKNB).

“Jangan sampai ada distrust, sehingga menganggu ekonomi kita secara umum. Jadi, saya setuju bahwa perlu reformasi secepatnya di bidang IKNB baik asuransi maupun dana pensiun dan lainnya. Ini penting dan ini saatnya kita melakukan reformasi,” tegas Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan, di Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Menurutnya, reformasi IKNB dapat dilakukan di sisi pengaturan, pengawasan, dan permodalan. Dengan reformasi tersebut, maka laporan dan manajemen risiko IKNB akan lebih prudensial dan transparan.

Sebagai contoh, industri perbankan melakukan reformasi pada periode 2000-2005 dan hasilnya sektor keuangan stabil dan dapat dipercaya investor. IKNB termasuk asuransi, dana pensiun, dan lembaga pembiayaan juga memerlukan ini baik di sisi pengaturan, pengawasan, maupun permodalan.

Namun, Jokowi membantah bahwa reformasi IKNB berkaitan dengan dua kasus yang terjadi di asuransi BUMN. Menurutnya, reformasi IKNB sangat diperlukan terlepas adanya kasus gagal bayar tersebut. “Kebetulan pas ada peristiwa Jiwasraya, tapi bukan karena itu. Memang memerlukan reformasi,” pungkasnya.



Sumber: Suara Pembaruan