Pemprov Sumsel Dukung Program Perumahan Berbasis Komunitas

Pemprov Sumsel Dukung Program Perumahan Berbasis Komunitas
Ilustrasi perumahan. ( Foto: Antara / Raisan Al Farisi )
Imam Muzakir / FER Minggu, 19 Januari 2020 | 15:35 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) menggandeng Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), perbankan dan sejumlah komunitas masyarakat di daerah, melaksanakan Program Pembangunan Perumahan Berbasis Komunitas (P2BK).

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Pemprov Sumsel, Basyaruddin, menyatakan, pihaknya siap mendukung Program P2BK yang dilaksanakan oleh Ditjen Penyediaan Perumahan Kempupera.

Saat ini pihaknya tengah mendorong konsep P2BK yang berbeda dengan skema bantuan pembiayaan KPR FLPP tapi melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

"Pemprov Sumsel ingin mengedepankan proses peningkatan ekonomi masyarakat bukan menyediakan tanah dan rumah gratis dalam Program P2Bk ini,” terang Basyarudin, dalam keterangan persnya, Minggu (19/1/2020).

Menurut Basyarudin, Pemprov Sumsel akan bekerja sama dengan perusahaan dalam bentuk CSR dalam P2BK seperti Grab, PLN, Pegadaian, PT Semen Baturaja, PT Maspion serta BUMN. Pihaknya ingin ada usaha ekonomi produktif masyarakat yang terbangun dan ada interaksi pergerakan ekonomi di masyarakat.

“Beberapa komunitas yang telah didata antara lain komunitas peternak ikan dan UMKM, pedagang, ojek online, supir online, buruh harian lepas, guru honorer, pengawas jalan dan pembersih sungai, dan tukang bangunan. Sedangkan di daerah lain ada juga komunitas yang digandeng oleh pemerintah kota setempat. Kami harap Kementerian PUPR bisa segera merealisasikan pembangunan rumah untuk komunitas masyarakat ini,” tegas Basyarudin.



Sumber: Investor Daily