Pemuda Tani Dorong Pemuda Geluti Bisnis Pertanian

Pemuda Tani Dorong Pemuda Geluti Bisnis Pertanian
Ketua Harian Pemuda Tani Indonesia Suroyo memberikan sambutannya dalam acara CEO Talk 2020. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Hotman Siregar / RSAT Selasa, 21 Januari 2020 | 20:56 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Harian Pemuda Tani Indonesia Suroyo menegaskan para pemuda harus didorong untuk berbisnis di bidang pertanian, perikanan, dan peternakan. Karena di bisnis tersebut peluang usaha masih sangat terbuka lebar.

"Pemuda Tani Indonesia fokus mendorong pemuda untuk berbisnis di bidang pertanian, perikanan, dan peternakan. Dengan berbisnis para pemuda terutama mahasiswa tidak akan kebingungan dalam mencari pekerjaan setelah menyelesaikan kuliah," ujar Suroyo dalam acara CEO Talk 2020 Pemuda Tani Indonesia di Gedung Smesco Jakarta, Senin (20/1/2020).

Acara yang disponsori perusahaan BUMN ini bertujuan untuk mempertemukan para pengusaha pemula dan pemuda dengan para CEO perusahaan nasional yang telah sukses.

Suroyo menegaskan Pemuda Tani Indonesia selalu turun langsung ke desa, sekolah, dan kampus untuk mendorong pemuda untuk berbisnis. “Kami selalu turun ke desa, sekolah, dan kampus untuk membagikan pengalaman bisnis kepada para pemuda,” tegas Suroyo.

Ivan Arie CEO Tani Hub dalam sharing bisnisnya mengatakan, bisnis harus dimulai dengan hal-hal yang kecil, dan mulai dengan apa yang bisa kita korbankan. “Untuk memulai bisnis, mulailah dengan hal yang kecil dan dengan apa yang bisa kita korbankan untuk jalannya bisnis tersebut,” ujarnya.

Sedangkan CEO Sugeng Jaya Farm, Hendra Koes menegaskan bahwa untuk memulai bisnis yang perlu dilakukan adalah melihat dan menganalisa masalah. Masalah adalah hal yang perlu dipecahkan, dan itu menjadi peluang untuk pebisnis.

CEO Nanobubble, Dedi Cahyadi dalam sharing pengalaman bisnisnya mengatakan bahwa ada tiga mental yang harus dimiliki oleh pebisnis, yaitu inovatif, kemampuan untuk bertahan dengan permasalahan yang muncul, dan kolaboratif.

Sedangkan Ketua OKK Pemuda Tani Indonesia, Pipink A Bisma mengatakan bahwa Pemuda Tani Indonesia memiliki beberapa unit bisnis di beberapa daerah di Indonesia.

Unit bisnis ini ada yang berjalan dengan baik tetapi ada beberapa unit yang terkendala karena kurangnya modal. Lebih jauh dia mengatakan bahwa, Pemuda Tani Indonesia berkomitmen untuk memajukan petani Indonesia melalui kegiatan pemberdayaan.



Sumber: Suara Pembaruan