Bangkitkan Pertanian, HKTI Dukung Kemtan Hadirkan Kostratani

Bangkitkan Pertanian, HKTI Dukung Kemtan Hadirkan Kostratani
Kementerian Pertanian melalui Ditjen PKH memastikan bahwa stok jagung untuk pakan dan peternak selama tahun 2020 aman. (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Carlos Roy Fajarta / BW Kamis, 23 Januari 2020 | 19:55 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Harian Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jawa Barat, Entang Sastraatmaja mendukung upaya Kementerian Pertanian (Kemtan) dalam menempatkan posisi penyuluh sebagai garda utama kebangkitan pertanian Indonesia.

Hal tersebut ditandai dengan hadirnya Komando Startegi Pembangunan Pertanian (Kostratani) di setiap kecamatan di bawah kepemimpinan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Kostratani bertujuan untuk meningkatkan peran penyuluh pertanian.

"Ini merupakan langkah nyata dalam menguatkan program pemerintah terkait penurunan penduduk miskin dan ketimpangan pendapatan. Perang melawan kemiskinan harus dirumuskan secara multisektor. Program dan kegiatannya harus dikemas dalam bentuk gerakan. Yang terpenting harus dicari juga inovasi penggarapanya dengan model kolaborasi para pihak," ujar Entang, dalam keterangan tertulis, Kamis (23/1/2020).

Dikatakan, desain besar Kostratani melalui revitalisasi Balai Penyuluh Pertanian (BPP) perlu mendapat dukungan dan apresiasi dari semua pihak, agar harapan baru dalam mempercepat terwujudnya kesejahteraan petani bisa tercapai.

"Saya sangat mendukung karena grand desainnya sudah dirumuskan secara cerdas. Pendekatannya adalah sebuah gerakan yang komprehensif guna mempercepat terwujudnya kesejahtetaan petani. Saya berharap, kehadiran Konstratani diiringi dengan hadirnya kelembagaan bisnis tani atau agripreuner," tambah Entang.



Sumber: Suara Pembaruan