Japnas Business Matching Hasilkan Rp 152,6 Miliar

Japnas Business Matching Hasilkan Rp 152,6 Miliar
Ketua Umum Japnas JatimĀ  Moh. Supriyadi, Koordinator Business Assessor Japnas Business Matching Jatim Sugiharto dan jajaran pengurus Japnas Jatim bersama peserta usai Business Matching Japnas Jatim di Hotel Sheraton Surabaya, Sabtu (25/1/2020). ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Amrozi Amenan / FER Minggu, 26 Januari 2020 | 20:08 WIB

Surabaya, Beritasatu.com - Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Wilayah Jawa Timur menggelar Business Matching di Hotel Sheraton Surabaya, Sabtu (25/1/2020) malam. Kegiatan yang mempertemukan 250 pengusaha di seluruh Indonesia itu, mencatat 54 kesepakatan bisnis dengan total nilai Rp 152,6 miliar.

Ketua Umum Japnas Wilayah Jatim, Moh Supriyadi, mengatakan animo pengusaha sangat tinggi hingga jumlah peserta mencapai 250 pengusaha, yang melebihi target sebelumnya sebanyak 200 pengusaha.

"Selain Jawa Timur, rombongan pengusaha datang juga dari Jakarta, Bangka Belitung, Jambi, Lampung, Jawa Barat, NTB, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan Papua Barat,” kata Supriyadi.

Bangun Sinergi Bisnis, Japnas Jatim Gelar Business Matching

Menurutnya,hampir semua peserta luar daerah tersebut berhasil mendapatkan mitra baru dan membuat kesepakatan di berbagai sektor bidang usaha. Mereka berhimpun dalam 8 kelompok usaha, yang mayoritas berasal dari kelompok UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan bergerak di sektor infrastruktur dan jasa.

"Sebagian round table sampai diisi lebih dari kapasitasnya. Tapi itu tidak mengurangi semangat para peserta dan hampir sepertiga peserta berhasil mendapatkan partner bisnis baru dan membukukan kesepakatan,” jelas Supriyadi.

Supriyadi menambahkan, jaringan, sinergi dan business matching saat ini merupakan kebutuhan mendasar para pengusaha. "Oleh karenanya ke depan Japnas Jatim akan terus mendorong program dan kegiatan sinergisitas usaha, khususnya business matching dan melaksanakannya secara rutin,” imbuhnya.

Jokowi Minta UMKM Kuasai Pasar Dalam Negeri

Koordinator Business Assessor Japnas Business Matching Jawa Timur, Sugiharto menyatakan kegiatan business matching kali ini mencatat 54 kesepakatan senilai total Rp 152,6 miliar. Sektor UMKM masih menjadi salah satu favorit dengan meraih kesepakatan terbanyak. Dari total nilai Rp 152,6 miliar, UMKM menyumbang 50 persen.

"Jaringan Japnas telah membuat acara dan seluruh kesepakatan ini terjadi. Kita para assessor acara ini selanjutnya akan terus mengawal pelaksanaan kesepakatan ini sampai terlaksana secara kongkret,” ungkap Totok yang juga sekaligus Wakil Ketua Umum Pengurus Wilayah Japnas Jatim ini.

Ketua Umum Japnas, Bayu Priawan Djokosoetono, mengapresiasi kesuksesan Japnas Business Matching di Jawa Timur. "Japnas merupakan action group yang berfokus pada sinergisitas kalangan pengusaha," tandas Bayu.



Sumber: Investor Daily