Aisindo Dukung Pengembangan SDM Jatim

Aisindo Dukung Pengembangan SDM Jatim
Presiden terpilih AISINDO 2020-2024 Abdul Ghofur (kiri) dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak (tengah) pada pembukaan acara AISINDO IS Chief Information Officer (CIO) Forum 2020 di Hotel Garden Palace Surabaya, Rabu (29/1/2020). ( Foto: Beritasatu Photo / Amrozi Amenan )
Amrozi Amenan / FER Rabu, 29 Januari 2020 | 23:47 WIB

Surabaya, Beritasatu.com - Indonesian Chapter of Association for Information Systems Indonesia (Aisindo) mendukung pengembangan sumber daya manusia (SDM) sistem informasi di Indonesia dengan menggelar Aisindo is Chief Information Officer (CIO) Forum 2020, di Hotel Garden Palace, Surabaya, pada 29-30 Januari 2020.

Mengusung tema 'SDM Sistem Informasi untuk Indonesia Maju', kegiatan ini bertujuan mendukung program pemerintah dalam mengembangkan SDM di Indonesia. Forum ini memfasilitasi para pemimpin, profesional, dan akademisi untuk berdiskusi tentang pengelolaan dan pengembangan SDM sistem informasi di Indonesia. Sebelumnya, kegiatan serupa pernah digelar pada Desember 2018.

Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Emil Elestianto Dardak, mengatakan, peranan Aisindo sangat penting dalam mendorong terwujudnya inovasi di bidang teknologi informasi (TI). 

"Saat ini siapapun bisa belajar TI, terlepas dari latar belakang pendidikannya. Indonesia butuh profesional-profesional yang menguasai ilmunya secara mendalam," kata Emil Elestianto Dardak, Rabu (29/1/2020).

Menurut Emil, Aisindo bisa menjadi tempat untuk mendorong riset-riset di berbagai bidang dengan ekosistem yang memadai, untuk mewujudkan kolaborasi antara industri dan akademisi.

"Member Aisindo harus berada di level prime developer, yang bisa mengurai tools-tools yang nantinya digunakan oleh para mid-level developer,” ungkap Emil.

Presiden Aisindo periode 2014-2019, Tony Dwi Susanto, menyatakan, Aisindo mempertemukan pemerintah dan industri. Terlebih, ajang CIO Forum 2020 menghadirkan pembicara-pembicara dari berbagai latar belakang, dari pemerintahan, industri, startup, dan akademisi, nasional maupun internasional.

"Acara ini memiliki tujuan untuk memberikan pandangan menyeluruh terkait pengembangan dan pengelolaan SDM sistem informasi, baik secara nasional maupun di kancah global,” kata Tony.

Sementara itu, presiden terpilih Aisindo periode 2020-2024 yang juga Presiden Direktur PT Andromedia, Abdul Ghofur, menyatakan, Aisindo menyambut kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tentang Kampus Merdeka.

"Aisindo akan fokus pada poin kebijakan pembukaan program studi (Prodi) baru dengan regulasi yang lebih sederhana, dan kebijakan tiga semester di luar prodi. Inovasi hanya bisa dilakukan jika ruang gerak tidak dibatasi,” kata Abdul Ghofur.



Sumber: Investor Daily