Pemerintah Beri Diskon Tarif Listrik untuk Industri
Logo BeritaSatu

Pemerintah Beri Diskon Tarif Listrik untuk Industri

Rabu, 12 Februari 2020 | 18:28 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah akan memberikan potongan harga (diskon) tarif listrik bagi industri yang berproduksi 24 jam. Keputuan itu merupakan salah satu hasil rapat terbatas (ratas) soal Ketersediaan Bahan Baku Bagi Industri Baja dan Besi di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (12/2/2020)

"Sudah ada keputusannya dalam ratas," kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita saat berbincang dengan media di Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, untuk menindaklanjuti hal tersebut, Kemperin akan berkoordinasi dengan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) "Diskon akan berlaku pada jam-jam tertentu seperti 22.00-05.00," kata Agus Gumiwang Kartasasmita.

Sebagai gambaran, saat ini harga listrik untuk industri sekitar US$ 7,1-7,2 sen per kilowatt hours (kwh). "Sebetulnya industri tidak minta berlebihan," jelas Menperin.

Soal besaran diskon yang diberikan untuk industri, Menperin belum ditetapkan. "Tapi saya belum tahu berapa diskonnya. Tapi yang penting kan prinsip dari policy-nya (kebijakannya)," tambah Menperin.

Pemerintah melalui rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) hari ini telah memutuskan empat hal. Selain diskon listrik untuk industri, pemerintah juga menetepakan slag tidak dianggap bahan bahaya beracun (B3), sehingga bisa dijadikan bahan baku scrap (baja). Kedua, impor kepingan (scrap) logam baja direlaksasi dengan menaikkan impuritas dari 0 persen menjadi 2 persen serta mengubah ketentuan homogenitas. Ratas kata Menperin juga memutuskan penurunan harga gas bagi industri maksimal US$ 6 per million matrix british thermal unit (MMBTU).

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebelumnya berjanji untuk menurunkan tarif listrik untuk golongan industri besar. Penurunan tarif listrik ini untuk meningkatkan gairah investasi di dalam negeri. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, Kementerian ESDM ‎siap berdiskusi dan bernegosiasi dengan PLN dalam rangka penurunan tarif listrik untuk industri ini.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

IHSG Diprediksi Kembali Coba All Time High

IHSG pada perdagangan hari ini akan berada di kisaran 6.600-6.750.

EKONOMI | 18 Oktober 2021




PTPP Klaim Top Speed Lintasan Utama Sirkuit Mandalika Tembus 310 Km per Jam

Berkat inovasi dan teknologi yang diterapkan PTPP, lintasan utama Sirkuit Mandalika dapat ditempuh dengan kecepatan puncak 310 kilometer per jam.

EKONOMI | 17 Oktober 2021

Intani Dukung Petani Buncis di Ciwidey dan Lembang Perluas Pasar Ekspor

Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (Intani) berkolaborasi dengan CV Berkah Alam Pasundan (BAP) membina petani dan memasarkan hasil pertanian agar para petani mendapat kepastian harga dan untung, diantaranya komoditas yang sudah menembus ekspor yakni baby buncis kenya

EKONOMI | 17 Oktober 2021

Penjualan Rumah Tapak Naik 2 Kali Lipat

Selama tiga kuartal pertama 2021, penjualan rumah tapak PT Lippo Karawaci meningkat hingga 77% atau hampir dua kali lipat.

EKONOMI | 17 Oktober 2021

Kantongi Izin OJK, Pembiayaan Danabijak Tumbuh 4,5 Kali

PT Digital Micro Indonesia (danabijak) berhasil mengantongi status berizin sebagai penyelenggara fintech p2p lending dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

EKONOMI | 17 Oktober 2021

Menhub: Indonesia Komitmen Dukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030

Indonesia mendukung prakarasa to build back better untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan, khususnya di sektor transportasi.

EKONOMI | 17 Oktober 2021

Keluhan Wanda Hamidah Akhirnya Capai Titik Terang

Keluhan aktris yang juga publik figur Wanda Hamidah kepada perusahaan asuransi PT Prudential Assurance Indonesia (Prudential) telah terselesaikan.

EKONOMI | 17 Oktober 2021


TAG POPULER

# Kasus Covid-19


# Piala Thomas


# Kereta Cepat


# Merah Putih


# Formula E



TERKINI
KOI Minta LADI Segera Selesaikan Urusan dengan WADA

KOI Minta LADI Segera Selesaikan Urusan dengan WADA

OLAHRAGA | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings