Dirut: Perlu Redesign Semua Model Bisnis dan Produk Jiwasraya

Dirut: Perlu Redesign Semua Model Bisnis dan Produk Jiwasraya
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) bersama Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (kanan) dan Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko saat hadir pada rapat Panitia Kerja (Panja) Jiwasraya antara Komisi VI DPR dengan Kementerian BUMN di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/1/2020). (Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono)
Aichi Halik / AHL Rabu, 19 Februari 2020 | 19:30 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Utama (Dirut) PT Asuransi Jiwasraya, Hexana Tri Sasongko mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan asuransi pelat merah tersebut.

"Jiwasraya equity-nya negatif, jadi secara balancing jelas tidak sehat. Ini makanya Jiwasraya perlu penyelesaian secara fundamental," ujar Hexana di gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Hexana menjelaskan, langkah pertama yang akan ditempuh perusahaan yaitu melakukan restrukturisasi dengan mengubah bisnis model perusahaan agar menjadi sehat.

"Kita akan review dan redesign semua bisnis modelnya, juga produk-produknya. Yang jelas Jiwasraya itu sudah lama ekuitasnya negatif," terang Hexana.

Setelah restrukturisasi model bisnis, kata Hexana, perusahaan juga akan melakukan restrukturisasi portofolio. Langkah ini dilakukan melalui penguatan ekuitas.

Menurut Hexana, pihaknya saat ini sedang menyusun skema finalisasi penyehatan. Hexana mengaku Jiwasraya sendiri telah memiliki simulasi untuk bisnis model perusahaan ke depan. Dia mengatakan skema finalisasi ini akan disampaikan dalam dua pekan ke depan.

"Skemanya dalam dua minggu ini kita sudah presentasi di Panja (DPR)," ucap Hexana.