ICCA Indonesia Committee Gelar Forum MICE Internasional

ICCA Indonesia Committee Gelar Forum MICE Internasional
ICCA Indonesia Commite Chair Raty Ning saat temu wartawan terkait pelaksanaan International Congress & Convention Association (ICCA) Indonesia Forum 2020, di Jakarta, Rabu (19/2/2020). ICCA Indonesia Forum merupakan forum pertemuan para pelaku industri pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran (MICE) dan industri pendukung serta stakeholder terkait sebagai ajang knowledge-sharing yang akan berlangsung pada 25 Februari 2020 di JIExpo Convention Centre & Theatre, Jakarta. (Foto: BeritaSatu Photo / Mohammad Defrizal)
Herman / MPA Rabu, 19 Februari 2020 | 16:28 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.Com - ICCA Indonesia Committee yang merupakan komunitas anggota Asosiasi Kongres dan Konvensi Internasional (International Congress and Convention Association/ICCA) dari Indonesia akan menyelenggarakan ajang MICE berskala internasional, ICCA Indonesia Forum 2020. Acara ini akan digelar pada 25 Februari 2020 di JlExpo Convention Centre & Theatre, Jakarta.

Ketua ICCA Indonesia, Raty Ning menyampaikan, ICCA Indonesia Forum 2020 merupakan forum pertemuan para pelaku industri MICE dan industri pendukungnya, serta stakeholder terkait sebagai ajang untuk knowledge-sharing, update tren MICE global, dan networking.

"ICCA Indonesia Forum 2020 diselenggarakan untuk memanfaatkan momentum dengan adanya pemerintahan yang baru untuk mengetahui arah industri MICE dalam lima tahun ke depan,” kata Raty Ning dalam konferensi pers penyelenggaraan ICCA Indonesia Forum 2020, di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Selain mendorong pertumbuhan industri MICE di Indonesia yang mencakup pendidikan dan networking, Raty menambahkan penyelenggaraan ICCA Indonesia Forum 2020 bertujuan untuk menghadirkan lebih banyak visibilitas bagi Indonesia di panggung internasional, meningkatkan kapasitas dan kemampuan industri MICE di Indonesia, serta mendukung program pemerintah untuk memajukan industri MICE di Indonesia agar mampu bersaing dengan destinasi MICE global. Utamanya meningkatkan posisi Indonesia sebagai salah satu destinasi pertemuan asosiasi internasional pilihan dunia.

Data ICCA menunjukkan pada tahun 2018 Indonesia menduduki posisi ke-36 untuk Ranking Dunia Destinasi Pertemuan Asosiasi Internasional dengan total 122 pertemuan tingkat regional dan dunia. Sementara itu, di kawasan Asia Pasiflk, Indonesia berada di urutan ke-11. Namun Indonesia masih berada di bawah negara-negara ASEAN, seperti Thailand, Singapura dan Malaysia.

“Melihat data ICCA tahun 2018, kami melihat masih banyak peluang bagi Indonesia untuk mendatangkan pertemuan asosiasi internasional (association meeting) melalui bidding internasional. Hal ini tidak saja membutuhkan dukungan dari Pemerintah, namun juga kapasitass stakeholder industri MICE untuk dapat menangkap peluang ini,” ujar Raty Ning.

ICCA Indonesia Forum 2020 rencananya akan menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , Gubernur DKI Jakarta, serta para pembicara ahli dari kawasan Asia Pasifik yang merupakan pelaku industri MICE global anggota ICCA.



Sumber: BeritaSatu.com