Menpupera: Tol Pekanbaru-Dumai Beroperasi April

Menpupera: Tol Pekanbaru-Dumai Beroperasi April
Progres Tol Pekanbaru-Dumai. ( Foto: Handout )
Thresa Sandra Desfika / FER Kamis, 20 Februari 2020 | 22:59 WIB

Pekanbaru, Beritasatu.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) menargetkan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 kilometer (km) diresmikan dan beroperasi penuh pada April 2020, sehingga pada masa angkutan Lebaran tahun ini dapat dilalui masyarakat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera), Basuki Hadimuljono, memastikan, pengerjaan Tol Pekanbaru-Dumai sudah tuntas pada April 2020. Saat ini, progres paling positif terpantau pada Seksi 1 Pekanbaru-Minas sepanjang 9,5 km dengan capaian pengerjaan 97,2 persen dan pembebasan tanah 100 persen.

Jalan Tol Trans Sumatra Dilintasi 1,28 Juta Pemudik

"Jadi Tol Pekanbaru-Dumai nanti diresmikan sekaligus oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada April 2020. Pengerjaan seksi-seksi yang lain dikebut," ungkap Menpupera di Pekanbaru, Kamis (20/2/2020).

Tol Pekanbaru-Dumai terbagi atas enam seksi, yakni Pekanbaru-Minas, Minas-Petapahan, Petapahan- Kandis Utara, Kandis Utara-Duri Selatan, Duri Selatan-Duri Utara, Duri Utara-Dumai.

Progres pembebasan tanah secara keseluruhan sudah 99 persen dan konstruksi fisik 88 persen. Adapun biaya investasi Tol Pekanbaru-Dumai sebesar Rp 16,21 triliun.



Sumber: BeritaSatu.com