Logo BeritaSatu

2020 Kedai Kopi Diprediksi Tumbuh 15%

Jumat, 21 Februari 2020 | 18:20 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Kopi di Tanah Air telah menjadi industri dan diproyeksi terus berkembang. Pada 2020 diperkirakan kedai kopi akan tumbuh 10 persen hingga 15 persen.

"Prospek kedai kopi sangat bagus, tahun ini akan terus menjamur, kenaikannya bisa 10 sampai 15 persen," kata Head of Marketing PT Toffin Indonesia, Ario Fajar di sela pembukaan pameran, konferensi dan apresiasi BrewFest 2020 di Senayan City Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Advertisement

Dia mengatakan, jumlah kedai kopi di Indonesia dalam tiga tahun terakhir meningkat tiga kali lipat dari 1.083 outlet di 2016 menjadi 3.000 outlet pada akhir 2019. Dari jumlah itu, mayoritas di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, hingga Bandung. Meski demikian kata dia, tidak sedikit kedai kopi mulai merambah kota-kota satelit atau secondtier seperti Depok, Lampung dan Bengkulu.

Ario Fajar mengatakan, berkembangnya kedai kopi tak lepas dari semakin mudahnya masyarakat membuka usaha ini. "Dulu untuk membuka coffee shop butuh investasi besar, sekarang lebih terjangkau," kata Ario Fajar.

Apalagi saat ini sudah banyak platform sharing economy yang memudahkan konsumen memesan kopi melalui aplikasi tanpa harus ke lokasi. "Dengan adanya seperti Grab Food semakin membuka saluran distribusi," kata Ario Fajar.

Hal ini ditunjang dengan kondisi bahwa ngopi-ngopi sudah menjadi bagian gaya hidup perkotaan. "Semua barrier yang selama ini ada, sudah mulai terbuka," kata Ario Fajar.

Dalam kesempatan yang sama Staf khusus Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Agus Santoso mengatakan pemerintah mendorong UKM termasuk yang bergelut di bidang kopi agar go digital sehingga bisa meningkatkan daya saing produknya. "Dampak lebih lanjut UKM bisa naik kelas," kata Agus Santoso.

Pemerintah kata Agus juga mendorong tumbuhnya komunitas kopi sekaligus mengarahkam brand lokal kopi bisa bersing di level global.

Sementara dalam kesempatan itu PT Toffin Indonesia, distributor mesin kopi internasional bekerja sama dengan Cikopi.com mengadakan BrewFest 2020 yaitu event Urban Coffee & Tea Festival yang menggabungkan tiga platform yakni Conference, Exhibition and Appreciation dalam satu acara yang digelar pada 21-23 Februari 2020 di Atrium Senayan City, Jakarta. “BrewFest 2020 mengusung informasi yang dikemas menarik dalam conference atau coffee forum. Selain itu, pertama kalinya di Indonesia kami akan menghelat penghargaan Best Coffee Shop yang bekerja sama dengan Zomato,” jelas Ario Fajar.

BrewFest 2020 mengangkat kopi dan teh sebagai isu utama yang mencakup bisnis (komersial), karir atau profesi hobby & passion, inovasi & pengembangan, tren serta gaya hidup, yang dikemas dalam tiga konsep yakni talk, play, show.

Brewfest menghadirkan 50 pembicara (speaker), 20 penampil (performer) yang terdiri dari coffee dan tea master serta 20 brand kopi yang tergabung sebagai tenant. Event ini menargetkan 1.500 partisipan dan 7.500 pengunjung.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

TAG: 
BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dukung EBT, Gerai KFC Jalan Panjang Manfaatkan PLTS Atap

PLTS Atap dan SPKLU yang berada di Gerai KFC Jalan Panjang merupakan hasil kerja sama PT FFI dengan PT Agra Surya Energy dan PT PLN (Persero).

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Pangkas Emisi Karbon, APL Manfaatkan Teknologi Panel Surya

Perusahaan penyedia jasa layanan bidang kesehatan, PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL) meresmikan pemasangan panel surya kedua di Kota Medan, Sumatera Utara.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Wamendag Optimistis Ekspor Indonesia Tembus US$ 40 Miliar

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga optimistis kinerja ekspor Indonesia hingga akhir tahun 2022 akan mencapai lebih dari US$ 40 miliar.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Kinerja Positif, IFG Raih Peringkat idAAA dari Pefindo

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menyematkan rating idAAA (triple A, stable outlook) kepada Indonesia Financial Group (IFG).

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Bantu Kembangkan Usaha, Ini Empat Solusi Desty Commerce

Desty Commerce menyediakan empat layanan utama untuk membantu merchant mengembangkan bisnis.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Pengendalian Inflasi, Pemerintah Diminta Jaga Stabilitas Harga

Kenaikan harga makanan dan energi mengerek inflasi bergerak naik, bahkan sampai kisaran yang anomali bagi inflasi pangan.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Anggaran PC PEN Baru Terserap 36,9%, Ini Kata Sri Mulyani

"Karena tahun ini pemulihan ekonomi sudah berjalan dan penanganan covid-19 makin baik, jadi realisasi PC-PEN agak tertahan,” ucap Sri Mulyani.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Kearifan Lokal Bisa Diandalkan untuk Atasi Krisis Iklim

Juru Bicara G-20 Maudy Ayunda menegaskan, salah satu cara yang paling tepat untuk mengatasi krisis iklim adalah melalui local wisdom atau kearifan lokal.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Solusi Digital Jadikan UMKM Tahan Menghadapi Gejolak Ekonomi

Teknologi digital diyakini akan terus menjadi kunci pertumbuhan UMKM di tengah pemulihan ekonomi Indonesia.

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Lewat Edukasi, Noid Studio Dukung Industri Clothing Lokal

Noid Studio mendukung industri clothing atau busana lokal dengan memberikan edukasi terhadap terhadap bisnis fashion tersebut.

EKONOMI | 11 Agustus 2022


TAG POPULER

# Puan Maharani


# Pohon Koka


# Brigadir J


# Ferdy Sambo


# Mahfud MD


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Salvatore Sirigu Jadi Kiper Pelapis di Napoli

Salvatore Sirigu Jadi Kiper Pelapis di Napoli

BOLA | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings