Pemerintah Dukung Microsoft Bangun Pusat Data

Pemerintah Dukung Microsoft Bangun Pusat Data
Ilustrasi Microsoft (Foto: AFP)
Lenny Tristia Tambun / FMB Kamis, 27 Februari 2020 | 14:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan mendukung rencana Microsoft akan berinvestasi dalam pembangunan pusat data (data center) Azure di Indonesia.

Demikian disampaikan Jokowi seusai memberikan pidato kunci (keynote speech) dalam acara Indonesia Digital Economy Summit yang digelar Microsoft di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Ia mengaku telah berbicara dengan CEO Microsoft Satya Nadella membicarakan rencana pembangunan pusat data tersebut.

“Tadi pagi setelah berdiskusi dengan CEO Microsoft. Intinya, mereka ingin investasi di data center. Tidak hanya itu Pak Satya Nadella juga menyampaikan ingin mendorong dunia bisnis kita dapat bekerja lebih efisien, lebih cepat, lebih efektif,” kata Jokowi.

Jumlah tawaran seperti Microsoft ini, menurutnya akan bertambah banyak seiring dengan telah selesainya pembangunan infrastruktur telekomunikasi yaitu Palapa Ring yang menghubungkan lebih dari 500 kabupaten/kotamadya di Indonesia.

Masih dalam pertemuan dengan CEO Microsoft, Jokowi mengakui saat ini pemerintah masih mengajukan Rancangan Undang-Undang (RUU) untuk perlindungan data pribadi ke DPR.

RUU tersebut dinilainya bisa menjadi regulasi bagi Microsoft dalam membangun data center. Namun Microsoft tetap ingin segera menanamkan investasinya di Indonesia.

”Tetapi saya sampaikan kita juga masih mengajukan UU untuk Perlindungan data pribadi ke DPR. Tetapi Microsoft ingin segera investasi di Indonesia,” ujar Jokowi.

Karena itu, untuk mendukung investasi perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini, Jokowi berjanji akan menyiapkan regulasi yang diperlukan dalam waktu satu minggu saja.

“Sehingga dalam seminggu ini akan kita putuskan untuk membuat sebuah regulasi sederhana yang mendukung investasi yang berkaitan dengan data center,” terang Jokowi.



Sumber: BeritaSatu.com