Donasi Rp 5,8 M, Pelanggan lndomaret Bantu Fasilitas Pendidikan di 7 Provinsi

Donasi Rp 5,8 M, Pelanggan lndomaret Bantu Fasilitas Pendidikan di 7 Provinsi
Direktur Utama PT Indomarco Prismatama (Indomaret), Sinarman Jonatan secara simbolis memberi donasi pelanggan Indomaret kepada Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla (kanan) di Markas Pusat PMI, di Jakarta, Kamis (27/2/2020). ( Foto: Beritasatu Photo / Whisnu Bagus )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Kamis, 27 Februari 2020 | 14:13 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pelanggan Indomaret turut membantu fasilitas pendidikan dan kesehatan di tujuh provinisi senilai Rp 5,8 miliar melalui Palang Merah Indonesia (PMI). Donasi pelanggan selama periode 1 Oktober 2019 hingga 31 Desember 2019 ini untuk mendukung program di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Lampung, Sulawesi Barat, dan Maluku.

"Ini donasi yang keempat kalinya bagi pelanggan Indomaret sejak 2011, jika ditotal donasi yang diberikan lewat PMI sudah Rp 21 miliar," kata Direktur Utama PT Indomarco Prismatama (Indomaret), Sinarman Jonatan kepada Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla di Markas Pusat PMI, di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Dia mengatakan, banyak orang yang ingin berbagi, tapi tidak tahu cara yang tepat untuk menyakurkannya. Indomaret berupaya memfasilitasi pelanggan yang ingin memberi sumbangan lewat PMI. "Total pelanggan yang memberi donasi periode 2019 ini mencapai 31 juta dengan penyumbang terbesar Surabaya, DIY dan Jombang," kata Sinarman Jonatan.

Baca Juga: Korban Banjir Terisolasi, PMI Kerahkan Helikopter Salurkan Bantuan

Donasi itu untuk mendukung program pendidikan dan air bersih seperti penyediaan fasilitas kesehatan dan air bersih berupa pembangunan MCK, pompa air, tempat sampah, Unit Kesehatan Sekolah & Unit Palang Merah Remaja dan Promosi Kesehatan di 10 lokasi sekolah. Selain itu, lima unit truk tangki air untuk distribusi air bersih, dan kegiatan program WASH (water sanitation and hygeine); dua ambulans transportasi dan peningkatan layanan tim ambulans PMI.

Konsumen berdonasi melalui tiga cara yaitu menyumbang dari uang kembalian, menambahkan jumlah dan uang kembalian dan menyumbang tanpa berbetanja. Donasi ini dilakukan secara sukarela. Kasir menawarkan dan setelah disetujui konsumen kemudian mencetak jumlah donasi di struk.

Baca Juga: Indomaret Ekspansi Mister Donut di Bali

Sinarman menyampaikan penghargaan kepada PMI yang bisa menyalurkan bantuan donasi pelanggan lndomaret ke daerah-daerah yang sangat membutuhkan dan semuanya ini dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla menyampaikan terima kasih kepada para perwakilan pelanggan Indomaret dan lndomaret yang telah menyumbangkan donasi ini melalui PMI. “Donasi sebesar Rp 5,8 miliar ini merupakan bukti kepedulian masyarakat. Dana ini akan dikelota PMI untuk membantu masyarakat dalam mendukung kampanye hidup bersih dan sehat,” kata Ketua Umum PMI

JK mengatakan, PMI bekerja memfasilitasi orang yang memberi donasi dan pihak yang membutuhkan. Tujuannya adalah meringankan kesulitan pihak yang membutuhkan, menyediakan sarana fasilitas kesehatan serta membantu saat bencana. "Indonesia ini negara bencana," kata JK.



Sumber: BeritaSatu.com