Erick Thohir Minta BUMN Besar Terbitkan Obligasi
Logo BeritaSatu

Erick Thohir Minta BUMN Besar Terbitkan Obligasi

Jumat, 20 Maret 2020 | 14:37 WIB
Oleh : Lona Olavia / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Guna menarik devisa ke dalam negeri, perusahaan BUMN yang memiliki performa baik diminta untuk menerbitkan surat utang (obligasi). Namun, Menteri BUMN Erick Thohir enggan menyebutkan berapa nilai obligasi yang akan diterbitkan.

“Untuk moneter sendiri kita akan mengeluarkan obligasi-obligasi supaya membantu devisa atau loan di mana obligasi ini dari perusahaan-perusahaan BUMN yang rating-nya bagus seperti Bank Mandiri, BRI, jadi bukan semua BUMN,” ujarnya di Jakarta, Jumat (30/3/2020).

Adapun, rencana penerbitan itu baru saja diusulkan dan disepakati. Meski begitu terkait penerbitannya, ia mengatakan harus di waktu yang tepat. Selain itu, Erick mengatakan proses pembelian saham kembali (buyback) saham masih berjalan. Saat ini, pihaknya tengah memprioritaskan enam perusahaan pelat merah untuk mengeksekusi buyback. “Kami juga sudah dalam program buyback saham di bursa, tapi memang saya limit kepada enam perusahaan dulu BRI, Mandiri, Telkom, Jasa Marga, PTBA. Ini juga momentum ya karena harga saham turun kita mesti pas, seperti kalau menerbitkan obligasi mesti pas,” ungkap ia seraya menambahkan bahwa buyback Rp 8 triliun akan dilakukan secara bertahap.

Di sisi lain, Erick juga meminta Bank BUMN menurunkan suku bunga usaha kecil menengah (UKM), mengingat sektor UKM banyak terkena dampak dari virus corona. Pihaknya pun telah mengusulkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait keringan pada sektor-sektor yang terkena dampak virus tersebut. “Jadi kita akan turunkan suku bunga, bahkan kita juga sedang mengajukan OJK bahwa ada juga relaksasi untuk sektor-sektor terdampak seperti hotel, pariwisata, penerbangan, restoran dan lain-lain yang punya pinjaman kepada bank-bank BUMN, tapi kita tunggu persetujuannya,” katanya.

Tak hanya sektor UKM, ia juga meminta kepada Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) untuk membantu secara menyeluruh maskapai nasional PT Garuda Indonesia Tbk, termasuk utang-utangnya. Kementerian BUMN juga katanya akan terus melakukan stress test untuk mengukur ketahanan kinerja perusahaan BUMN yang terdampak. “Indonesia negara besar dan kuat, kita akan recover meski butuh waktu beberapa bulan. Kita pun berharap dividen akan tetap tapi bukan tak mungkin tak tercapai. Ini sangat berat tapi ini keadaan yang harus kita hadapi,” ujar Erick.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

IHSG Berbalik Menguat, Kurs Dolar Masih Perkasa atas Rupiah

IHSG berbalik menguat, sementara kurs dolar hari ini semakin perkasa atas kurs rupiah.

EKONOMI | 20 Maret 2020

BEI Perpanjang Tenggat Penyampaian Laporan Keuangan Emiten

BEI memberikan beberapa keringanan bagi pemenuhan kewajiban emiten berupa perpanjangan batas waktu penyampaian laporan keuangan.

EKONOMI | 20 Maret 2020

Tangani Corona, Pemerintah Realokasi Anggaran Rp 62,3 Triliun

Realokasi anggaran Rp 62,3 triliun, antara lain bisa dimanfaatkan Kemkes membeli alat pelindung diri dalam upaya menangani corona

EKONOMI | 20 Maret 2020

Petrosea Catatkan Laba Bersih US$ 31 Juta pada 2019

Pencapaian sepanjang tahun 2019 didorong oleh berbagai inisiatif strategis dan upaya transformasi guna memastikan sustainable superior performance perusahaan.

EKONOMI | 20 Maret 2020

Cegah Corona, Anteraja Tetap Layani Konsumen Optimal

Langkah preventif dilakukan di setiap kegiatan operasional mulai proses pick up, hingga sorting di gudang.

EKONOMI | 20 Maret 2020

Jokowi Sebut Realokasi Anggaran Fokus pada 3 Hal Ini

Memperkuat penanganan bidang kesehatan dalam pengendalian penyebaran Covid-19.

EKONOMI | 20 Maret 2020

Sesi Siang, IHSG Turun 70 Poin ke 4.034

IHSG sempat mencapai level tertinggi 4.113 dan level terendah 3.918.

EKONOMI | 20 Maret 2020

Siang Ini, Mayoritas Bursa Asia Menguat

MSCI index pukul 11.25 WIB melemah 37,7 poin (3,6 persen) mencapai 1.079,1.

EKONOMI | 20 Maret 2020

Jokowi Minta BI Terus Fokus Jaga Nilai Tukar Rupiah

Jokowi minta BI fokus dan mempercepat berlakunya ketentuan penggunaan rekening rupiah di dalam negeri.

EKONOMI | 20 Maret 2020

Pengguna Jasa Transportasi Publik Turun Hingga 70 Persen

Kementerian Perhubungan telah meminta seluruh operator transportasi untuk menjalankan semaksimal mungkin upaya untuk memutus mata rantai penyebaran corona.

EKONOMI | 20 Maret 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS