Cegah PHK, Pemerintah Siapkan Recovery Bond untuk Pengusaha

Cegah PHK, Pemerintah Siapkan Recovery Bond untuk Pengusaha
Ilustrasi obligasi (surat utang) (Foto: Istimewa)
Herman / WBP Kamis, 26 Maret 2020 | 11:12 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Untuk menjaga kelangsungan usaha dan mencegah pemutusan hubungan kerja (PHK) imbas penyebaran virus corona (Covid-19), pemerintah tengah menjajaki kemungkinan mengeluarkan satu bentuk utang baru atau bond yang diberi nama recovery bond.

Baca juga: Akses Masuk Pelabuhan di Papua Ditutup bagi Kapal Penumpang

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono menyampaikan, recovery bond merupakan surat utang pemerintah dalam rupiah yang nantinya bisa dibeli oleh Bank Indonesia atau swasta, di mana dana dari penjualan surat utang tersebut akan dipegang oleh pemerintah dan disalurkan kepada dunia usaha melalui kredit khusus.

“Untuk mengurangi PHK, kita ingin menjaga dunia usaha agar cashflow-nya tetap terjaga. Pemerintah sedang menjajaki akan mengeluarkan satu bentuk utang baru atau bond yang namanya recovery bond. Penjualan surat utang ini nantinya akan disalurkan melalui kredit khusus yang dibuat seringan mungkin, sehingga pengusaha bisa mendapatkan kredit khusus tersebut untuk membangkitkan usahanya,” kata Susiwijono dalam telekonferensi, Kamis (26/3/2020).

Baca juga: Waspadai Tujuh Shock Ekonomi Akibat Corona

Diakui Susiwijono, untuk mengeluarkan recovery bond ini diperlukan perubahan peraturan, sebab saat ini ada keterbatasan di mana BI hanya boleh membeli surat utang dari secondary market. Menurutnyadiperlukan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu).

“Kami targetkan hari Jumat besok teman-teman di Kementerian Keuangan sudah menyelesaikan perppu tersebut sebagai dasar dari penerbitan recovery bond,” ujar Susiwijono.



Sumber: BeritaSatu.com