Bursa Eropa Ditutup Menguat Ditopang Sentimen Stimulus Paman Sam

Bursa Eropa Ditutup Menguat Ditopang Sentimen Stimulus Paman Sam
Ilustrasi ( Foto: AFP )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Jumat, 27 Maret 2020 | 07:10 WIB

Berlin, Beritasatu.com - Bursa Eropa bergerak menguat pada penutupan perdagangan Kamis (26/3/2020) ditopang sentimen RUU stimulus AS senilai US$ 2 triliun. Para pemimpin Uni Eropa akan mengadakan pertemuan virtual membahas respons terhadap virus corona.

Indeks acuan Eropa Stoxx 600 naik 2,5 persen, DAX Jerman naik 1,28 persen, FTSE Inggris naik 2,24 persen, CAC Prancis naik 2,51 persen, dan FTSE MIB Italia naik 0,73 persen.

Kebijakan lockdown di sejumlah negara bagian membuat aktivitas perekonomian AS terhenti, sehingga jumlah klaim pengangguran di AS naik menjadi 3,28 juta orang pekan lalu. Pelaku pasar berharap, kabar buruk ini akan mendorong AS untuk mengucurkan stimulus lebih banyak lagi.

Senat menyetujui RUU Stimulus AS senilai US$ 2 triliun pada hari Rabu. RUU tersebut selanjutnya akan dibawa ke DPR, dan diperkirakan diloloskan pada hari Jumat pagi.

Di Eropa, para pemimpin akan mengadakan pertemuan jarak jauh membahas koordinasi dan respons menghadapi virus corona. Italia dan Spanyol adalah dua negara paling terdampak corona dengan jumlah kematian mencapai 7.000 orang di Italia dan 3.500 di Spanyol.



Sumber: CNBC.com