Permintaan Lemah, Harga Minyak Mentah Dunia Turun Lagi

Permintaan Lemah, Harga Minyak Mentah Dunia Turun Lagi
Ilustrasi pengeboran sumur minyak. ( Foto: Antara )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Jumat, 27 Maret 2020 | 07:19 WIB

New York, Beritasatu.com - Harga minyak mentah dunia turun pada perdagangan Kamis (26/3/2020) akibat menurunnya permintaan akibat lockdown dan pembatasan perjalanan yang membuat roda perekonomian hampir berhenti.

Harga minyak mentah dunia berjangka jenis West Texas Intermediate turun 7,7 persen (1,89 persen) ke US$ 22,6 per barel, sementara future Brent turun 3,69 persen ke US$ 26,43 per barel.

"Dengan lockdown di beberapa negara, ekspektasi akan kontraksi permintaan minyak sebesar 10 juta barel per hari terus menguat. Berkurangnya permintaan akan menyebabkan banjir persediaan," demikian menurut riset Australia and New Zealand Banking Group.

Amerika Serikat (AS) menyerukan kepada pemimpin de facto OPEC, Arab Saudi untuk menghentikan perang harga minyak dengan pemimpin non-OPEC, Rusia.

Dalam pernyataan Departemen Luar Negeri AS, Rabu waktu setempat atua Kamis pagi WIB (26/3/2020), juru bicara mengonfirmasi bahwa Menlu Mike Pompeo telah berbicara dengan Pangeran Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman pada Selasa.

AS menekankan Arab Saudi memiliki peluang penting di kacah energi global dan pasar keuangan ketika dunia menghadapi ketidakpastian ekonomi yang serius.

Pompeo dan Mohammed bin Salman menyatakan keprihatinan mendalam atas pandemi corona dan menggarisbawahi perlunya semua negara bekerja sama untuk mengatasi wabah tersebut, menurut pernyataan itu.



Sumber: CNBC.com