Harga Minyak Anjlok, Trump Berharap Saudi-Rusia Capai Kesepakatan Segera

Harga Minyak Anjlok, Trump Berharap Saudi-Rusia Capai Kesepakatan Segera
Ilustrasi pengeboran sumur minyak. ( Foto: Antara )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Kamis, 2 April 2020 | 07:03 WIB

Washington, Beritasatu.com - Presiden AS Donald Trump berharap Arab Saudi dan Rusia akan mencapai kesepakatan soal produksi minyak dalam beberapa hari ke depan. Perang harga minyak antara Saudi dan Rusia membuat harga minyak mentah dunia anjlok ke kisaran US$ 25 per barel.

"Menurut saya, mereka akan segera menyelesaikan masalah dalam beberapa hari ke depan..keduanya tahu apa yang harus dilakukan," kata Trump kepada konferensi pers di Gedung Putih, Rabu (1/2/2020).

Trump mengatakan industri minyak di seluruh dunia porak poranda karena harga minyak mentah jatuh ke level terendah dalam 18 tahun terakhir.

Trump juga mengatakan dirinya telah berkomunikasi dengan Pangeran Mohammed bin Salman dari Arab Saudi dan Presiden Vladimir Putin dari Rusia.

"Saya pikir saya tahu jalan keluarnya. Kami tidak ingin kehilangan perusahaan-perusahaan minyak kami. Saya polor Rusia dan Arab Saudi akan mencapai kesepakatan dalam waktu dekat," kata dia.

Harga minyak mentah dunia jenis West Texas Intermediate pagi ini menguat 5,12 persen ke US$ 21,35, sementara Brent turun 6,11 persen ke US$ 24,74. Arab Saudi dan Rusia masih terlibat perang harga minyak. Dengan berakhirnya perjanjian produksi minyak antara OPEC dan non-OPEC Rabu kemarin, maka tidak ada lagi pembatasan produksi. Ditambah dengan melemahnya permintaan akibat dampak corona, maka harga minyak berpotensi terus melemah.



Sumber: Reuters