BI: Inflasi Terkendalii Sepanjang Tahun Ini

BI: Inflasi Terkendalii Sepanjang Tahun Ini
Perry Warjiyo. ( Foto: Dok. Bank Indonesia )
Lona Olavia / MPA Kamis, 2 April 2020 | 15:00 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com-Bank Indonesia (BI) memprediksi bahwa laju inflasi domestik masih akan rendah dan terkendali sepanjang tahun ini. Adapun inflasi pada Maret 2020 menurut BPS hanya 0,10 persen (mtm), bahkan lebih rendah dari inflasi bulan sebelumnya sebesar 0,28 persen, padahal di bulan Maret sudah ada warga Indonesia yang terinfeksi Covid-19.

“Kami melihat ke depan tekanan inflasi akan rendah dengan berbagai langkah terkendali. BI sebagai last resort di pembelian SBN tadi juga menekan dampak kepada inflasi,” ungkap Gubernur BI Perry Warjiyo dalam live streaming Perkembangan Ekonomi Terkini, Kamis (2/4).

Perry menuturkan, setidaknya ada empat faktor yang membuat inflasi masih akan terkendali. Pertama, permintaan masyarakat rendah dan dampak inflasinya rendah. Inflasi inti secara umum tetap terkendali, meskipun secara bulanan meningkat. Inflasi inti Maret tercatat 0,29 persen (mtm), meningkat dari inflasi bulan Februari 2020 sebesar 0,14 persen (mtm).

Kedua, ekspektasi inflasi juga terjaga rendah. Ketiga, dampak nilai tukar terhadap inflasi juga rendah. “Dalam kondisi normal saja rendah, apalagi dalam kondisi begini. Pengusaha tidak mem-passthrough nilai tukar ke harga karena permintaan sedang rendah,” kata Perry.

Sebagai catatan, nilai tukar rupiah cenderung melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sepanjang 2020. Sejak awal tahun, pelemahan mata uang Tanah Air berada di kisaran 18%.

Keempat, paling utamanya adalah Pemerintah memastikan kebutuhan bahan makanan tetap tersedia pasokannya. “Jadi, masyarakat tidak usah panik, tidak usah nubruk-nubruk beli barang. Tenang dalam konteks harga-harga terkendali,” tegasnya.



Sumber: BeritaSatu.com