Bos Bank Dunia Prediksi Terjadi Resesi Global karena Corona

Bos Bank Dunia Prediksi Terjadi Resesi Global karena Corona
Logo Bank Dunia. ( Foto: AFP )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Sabtu, 4 April 2020 | 08:09 WIB

Washington, Beritasatu.com - Presiden Bank Dunia (World Bank) David Malpass pada Jumat atau Sabtu WIB (4/4/2020) mengatakan pandemi virus corona (Covid-19) yang menyebar dengan cepat diperkirakan menyebabkan resesi global. Resesi mayoritas akan melanda negara-negara paling miskin dan negara dengan dampak paling parah.

"Kami bermaksud untuk merespons dengan masif melalui program dukungan, terutama untuk negara-negara miskin," kata Malpass dalam sebuah posting di situs jaringan Linkedln.

Dia berencana segera berbicara dengan para pemimpin Ethiopia, Kenya dan negara-negara lain.

Baca juga: Investor Global Confident terhadap Ekonomi RI

Bank Dunia sebelumnya siap mengucurkan dana US$ 160 miliar atau Rp 2.624 triliun untuk membantu negara-negara di dunia dalam menyelesaikan dampak Covid-19. Dana tersebut akan diberikan dalam jangka waktu 15 bulan ke depan untuk sarana kesehatan dan mendukung pemulihan ekonomi.

Baca juga: Pemerintah Akui Punya Banyak Opsi Pendanaan Stimulus

Dana bantuan tersebut dibagi dalam dua kelompok, pertama akan dikucurkan US$ 1,9 miliar untuk membantu 25 negara dan ditargetkan bisa membantu 40 negara. Kemudian, Bank Dunia juga mendanai proyek restrukturisasi hingga US$ 1,7 miliar.



Sumber: Reuters