OJK: 10.620 Debitur Telah Ajukan Keringanan Pembayaran

OJK: 10.620 Debitur Telah Ajukan Keringanan Pembayaran
Ilustrasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ( Foto: Beritasatu.com )
Lona Olavia / JAS Minggu, 5 April 2020 | 18:46 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat sudah ada 10.620 debitur yang telah mengajukan keringanan pembayaran cicilan (restrukturisasi kredit). Adapun, saat ini tercatat baru ada 110 perusahaan pembiayaan (leasing) yang sudah menyatakan komitmennya untuk memberikan keringanan restrukturisasi kredit untuk para debitur.

“Sudah ada 110 perusahaan sampai akhir Maret kemarin yang buka kesempatan untuk restrukturisasi. Bukan berarti yang lain tidak akan melakukan karena semangatnya kita sudah koordinasi dengan asosiasi, tinggal masalah teknis saja. Kalau restrukturisasi jumlahnya sampai saat ini sudah ada 10.620, memang harus proaktif dari para debiturnya untuk menyampaikan dari situ baru kita bisa mendata,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riswinandi dalam live streaming "Perkembangan Industri Jasa Keuangan dan Kebijakannya", di Jakarta, Minggu (5/4/2020).

Asosiasi Perusahaan Pembiayaan (APPI) untuk diketahui bersama-sama dengan seluruh anggota perusahaan pembiayaan menawarkan restrukturisasi kepada debitur yang mengalami kesulitan keuangan sebagai akibat penyebaran virus corona.

Adapun jenis restrukturisasi yang dapat ditawarkan antara lain perpanjangan jangka waktu, penundaan sebagian pembayaran, dan jenis restrukturisasi lainnya yang ditawarkan oleh perusahaan pembiayaan. Pengajuan ini berlaku mulai tanggal 30 Maret 2020.

Adapun pengajuan permohonan restrukturisasi dapat dilakukan oleh debitur yang terkena dampak penyebaran virus corona. Adapun persyaratannya seperti terkena dampak langsung Covid-19 dengan nilai pembiayaan di bawah Rp 10 miliar, pekerja sektor informal dan atau pengusaha UMKM, tidak memiliki tunggakan sebelum tanggal 2 Maret 2020 saat Pemerintah RI mengumumkan
virus corona, pemegang unit kendaraan atau jaminan dan kriteria lain yang ditetapkan oleh perusahaan pembiayaan.

Tata cara pengajuan restrukturisasi dapat dilakukan dengan cara mengisi formulir yang dapat diunduh dari website resmi perusahaan pembiayaan, pengembalian formulir dilakukan melalui email (tidak perlu mendatangi kantor perusahaan
pembiayaan), persetujuan permohonan restrukturisasi akan diinformasikan oleh perusahaan pembiayaan melalui email.

 



Sumber: BeritaSatu.com