UMKM Didorong Produksi Masker untuk Masyarakat

UMKM Didorong Produksi Masker untuk Masyarakat
Ilustrasi masker yang tak tersedia. (Foto: Antara)
Carlos KY Paath / WBP Minggu, 5 April 2020 | 20:51 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel berharap usaha mikro kecil menengah (UMKM) dilibatkan untuk membuat masker bagi masyarakat. Tujuannya melindungi masyarakat dari pandemi virus corona (Covid-19). Masker yang dibuat harus sesuai standar kesehatan.

“Kasih UMKM kesempatan produksi masker bagi masyarakat. Diberi standar kesehatan. Lakukan pendampingan. Ini bisa mendorong industri kecil tumbuh berkembang,” kata Gobel kepada Beritasatu.com, Minggu (5/4/2020).

Menurut Gobel, perlengkapan pembuatan masker seperti mesin jahit dan lainnya perlu disiapkan secara gotong royong. Gobel menyatakan setiap pemerintah daerah (pemda) menghitung kebutuhan masker yang dibutuhkan masyarakat.

“Pembuatan masker masyarakat ini kan bukan teknologi besar. Industri rumah tangga bisa buat. Di Gorontalo, saya ditawari pengusaha kecil beli masker harga Rp 3.500, saya pesan 1.000 lembar. UMKM hidup,” ungkap anggota DPR dari Daerah Pemilihan Gorontalo ini.

Baca juga: Pandemi Corona, Rachmat Gobel Dorong Solidaritas Sosial Diperkuat

Gobel pun menyebut jika satu RT membuat masker untuk jumlah tertentu, hasilnya akan signifikan. "Coba bayangkan berapa masker hasilnya. Tiap orang di RT dapat masker. Tapi tentu masker tersebut bukan seperti yang digunakan tenaga medis,” kata dia.

Di sisi lain, menurut Gobel perusahaan garmen kecil semestinya diajak membuat alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis. “Garmen-garmen kecil bisa kita dorong buat APD, kan banyak pabrik tekstil. Harapan saya sebisa mungkin kita tidak impor,” ujar politisi Partai Nasdem tersebut.

Gobel menambahkan kegiatan yang dikerjakan UMKM dan usaha garmen kecil itu pasti membuka lapangan kerja. “Lapangan kerja jalan. Setidaknya ikut membantu sebagian masyarakat. Setelah pandemi ini berakhir, semua industri itu harus terdata dan kita dorong terus tumbuh,” ucap Gobel.

Gobel mendukung kebijakan yang diambil pemerintah dalam rangka membantu masyarakat. “Sudah tepat langkah-langkah yang dilakukan Presiden Joko Widodo mengatasi Covid-19. Semua pihak harus dukung,” kata Gobel.



Sumber: BeritaSatu.com