Penundaan Pertemuan OPEC Tekan Harga Minyak

Penundaan Pertemuan OPEC Tekan Harga Minyak
Ilustrasi minyak. ( Foto: Beritasatu.com/Muhammad Reza )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Selasa, 7 April 2020 | 05:42 WIB

New York, Beritasatu.com - Harga minyak kontrak berjangka patokan Amerika Serikat (AS) West Texas Intermediate (WTI) turun 8 persen menjadi US$ 26,08 per barel pada Senin atau Selasa pagi WIB (7/4/2020). Adapun harga minyak patokan dunia Brent turun 2,46 persen menjadi US$ 33,2 per barel.

Pertemuan antara OPEC dan Rusia yang dijadwalkan Senin ditunda. Sumber-sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada CNBC bahwa pertemuan kemungkinan akan berlangsung Kamis (8/4/2020).

Baca juga: Dow Jones Meroket 1.600 Poin karena Pertumbuhan Corona Melambat

Penundaan itu terjadi setelah Presiden AS Donald Trump mengharapkan Rusia dan Arab Saudi mengurangi produksi hingga 15 juta barel.

Komentar Trump membantu minyak mentah AS membukukan kenaikan mingguan terbesarnya. West Texas Intermediate futures menguat 12 persen minggu lalu. WTI juga melonjak 24 persen pada Kamis atau kenaikan terbesar harian.

Baca juga: Kondisi Memburuk, Boris Johnson Masuk ICU

Minyak mentah telah terpukul tahun ini karena OPEC yang dipimpin Arab Saudi dan Rusia gagal mencapai kesepakatan mengenai pengurangan produksi. Sementara penyebaran corona secara global mengurangi permintaan minyak. Secara tahunan (year on year/yoy) minyak WTI telah kehilangan lebih dari setengah nilainya.



Sumber: CNBC