BI Perkirakan Inflasi April Rendah dan Terkendali

BI Perkirakan Inflasi April Rendah dan Terkendali
Perry Warjiyo. ( Foto: BeritaSatu Photo/Humas Bank Indonesia )
Merdhy Pasaribu / MPA Kamis, 9 April 2020 | 15:24 WIB


Jakarta, Beritasatu-Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi April 2020 masih rendah dan terkendali. Hal ini disebabkan harga-harga barang di pasar masih rendah dan terkendali.

Menurut Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, berdasarkan survei pemantauan harga (SPH) selama minggu ke 2 April, perkembangan harga-harga di pasar terkendali dan rendah. Sehingga BI memperkirakan inflasi pada bulan April berada di sekitar 0,2% month-to-month. Year-on year juga rendah 2,08%.

"Ini hal yang positif bagi perekonomian Indonesia," kata Perry Warjiyo, dalam live streaming Perkembangan Ekonomi Terkini, Kamis (9/4/2020).

Perry menjelaskan, inflasi April dan bulan-bulan sebelumnya tetap terjaga rendah disebabkan keberhasilan pemerintah pusat dan daerah dalam mengendalikan harga. Selain itu tingkat pertumbuhan ekonomi akan lebih rendah dari produksi nasional, kesenjangan output masih negatif sehingga tidak menciptakan tekanan inflasi yang berlebihan.

Faktor terakhir pembuat inflasi rendah, adalah pelemahan rupiah tidak banyak ditransmisikan oleh dunia usaha menjadi kenaikan harga atau kurs rupiah tidak membuat inflasi naik.



Sumber: BeritaSatu.com