Logo BeritaSatu

Imbas Covid-19, Pemangkasan Anggaran Kementerian atau Lembaga Tidak Bisa Dihindari

Senin, 13 April 2020 | 21:07 WIB
Oleh : Yeremia Sukoyo / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Peneliti senior Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), Malik Ruslan, menilai, memotong anggaran Kementerian dan Lembaga merupakan salah satu upaya pemerintah mempersiapkan amunisi yang cukup untuk melawan virus corona. Menurutnya, pemotongan anggaran ini tak bisa dihindari.

Pemerintah memangkas atau memotong anggaran sejumlah Kementerian dan Lembaga (K/L) untuk menghadapi virus corona atau Covid-19. Pemangkasan anggaran dilakukan berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2020 tentang Perubahan Postur dan Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2020.

"Terkait pemotongan anggaran kementerian dan lembaga, menurut saya salah satu jalan yang tak bisa dihindari pemerintah dalam rangka mengerahkan energi untuk mengatasi pandemi Covid-19," kata Malik Ruslan, di Jakarta, Senin (13/4/2020).

Menurutnya, pemotongan anggaran tentunya akan berdampak pada kegiatan operasional kementerian atau lembaga tersebut. Namun demikian, alangkah baiknya jika pemotongan itu sendiri tidak sampai menimbulkan gangguan dalam menjalankan tugas dan wewenang.

"Kalau ditanyakan apakah berdampak pada kementerian atau lembaga, tentu ada. Tapi menurut saya, pemotongan itu tidak mesti membuatnya kehilangan energi sama sekali untuk menjalankan tugas dan wewenangnya sesuai UU," ucapnya.

Saat ini, semua pihak pun harus bisa memahami situasi yang sedang dihadapi. Anggaran untuk mengatasi Covid-19 yang besarnya mencapai Rp 405 triliun juga harus dapat dipastikan sesuai peruntukan.

"Di sini ujian integritas pihak-pihak yang terkait. Jangan sampai ada pihak yang mencari keuntungan pribadi atau kelompok," ujar Ruslan.

Perubahan anggaran dilakukan untuk mengambil kebijakan yang diperlukan untuk menangani pandemi corona dan menghadapi ancaman terhadap perekonomian nasional.

Sebagian besar kementerian dan lembaga mengalami pemangkasan anggaran. Namun ada dua kementerian yang anggarannya naik saat pandemi virus corona, yaitu Kementerian Kesehatan (Kemkes) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sementara, kementerian yang mengalami pemotongan anggaran yang cukup besar di antaranya Kemristek dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Tidak hanya itu, lembaga pemerintah non-kementerian lain seperti Polri dan KPK mengalami pemangkasan anggaran.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

IFG: Kapabilitas Reasuransi Nasional Kurang Proporsional

IFG Progress dalam risetnya berjudul "Reasuransi 101" membeberkan bahwa peran reasuransi cukup besar dalam mem-backup risiko di industri asuransi.

EKONOMI | 25 September 2022

AXA Financial dan BAV Kerja Sama Proteksi Asuransi bagi UMKM

AXA Financial Indonesia bersama Bina Artha Ventura (BAV) menjalin kerja sama menyasar pelaku UMKM mendapat perlindungan asuransi.

EKONOMI | 25 September 2022

Hindari Penyalahgunaan Data BSU, BP Jamsostek Imbau Pekerja Gunakan Kanal Resmi

Menurut data BP Jamsostek, sampai saat ini sudah sebanyak 7,5 juta data calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang diserahkan kepada Kemnaker.

EKONOMI | 25 September 2022

Sandiaga: Upskilling dan Kolaborasi Majukan Pariwisata

Sandiaga Uno menyoroti perlunya reskilling dan upskilling untuk masa depan industri perhotelan dan pariwisata yang lebih cerah.

EKONOMI | 25 September 2022

Bank BJB Kini Tangani Nasabah Dana Pensiun Kimia Farma

Bank BJB bersama Dana Pensiun (Dapen) Kimia Farma kini menangani pembayaran manfaat pensiun bagi pensiunan Kimia Farma.

EKONOMI | 25 September 2022

Hingga Agustus, Produksi Migas PHE Capai 963.000 BOEPD

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) hingga Agustus 2022 mencatat realisasi produksi minyak dan gas (migas) mencapai 963.000 barel setara minyak per hari.

EKONOMI | 25 September 2022

Bank BJB Bangun Sinergitas Dukung Ketahanan Pangan Nasional

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) atau bank bjb mendukung program ketahanan pangan nasional.

EKONOMI | 25 September 2022

Dituduh Rasis, McDonald's Dituntut Rp 150 Triliun

Raksasa makanan cepat saji McDonald's menghadapi tuntutan US$ 10 miliar (Rp 150 triliun) karena dituduh bersikap rasis dalam beriklan.

EKONOMI | 25 September 2022

Harga Tiket Pesawat Diprediksi Akan Naik Lebih Tinggi

Harga tiket pesawat diperkirakan akan naik lebih tinggi. Industri transportasi udara menghadapi kenaikan biaya bahan bakar jet dan masalah keuangan

EKONOMI | 25 September 2022

Supersibuk, Elon Musk Punya 27 Tangan Kanan di Tesla

CEO Tesla Elon Musk disebut memiliki 27 orang deputi di Tesla yang melapor langsung ke dirinya. Ini belum termasuk eksekutif di SpaceX dan Boring Co.

EKONOMI | 25 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Marquez Lulus Ujian Fisik Balapan

Marquez Lulus Ujian Fisik Balapan

SPORT | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings