Logo BeritaSatu

Tren Kantor Masa Depan dan Aktivitas Karyawan Pasca-Covid-19

Selasa, 28 April 2020 | 10:55 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Ucapkan salam pada penyekat berdinding tinggi yang terkenal dalam film 1999 Office Space. Pasalnya, tren desain kantor tersebut diproyeksi akan kembali bersinar di masa depan pascapandemi virus corona (Covid-19).

Selama bertahun-tahun, desain kantor cenderung minimalis dengan ruangan yang lebih kecil. Hal ini guna menciptakan suasana kolaboratif yang terbuka antarkaryawan. "Pikirkan tentang perusahaan teknologi yang sangat padat dan bekerja dengan bangku berdampingan," kata Direktur Desain Interior di perusahaan arsitektur SGA, Gable Clarke.

Sekarang pasca-Covid-19, hal-hal seperti itu sepertinya agak sulit terwujud.

Ketika perusahaan akan kembali menyuruh karyawannya kerja di kantor pascapandemi, banyak perhitungan untuk menyediakan lingkungan kerja tetap aman, sehat dan produktif. Sejumlah strategi ditujukan agar karyawan bekerja tanpa khawatir terinfeksi virus.

“Pertama dan yang utama, orang perlu merasa aman,” kata Direkur Gensler, sebuah perusahaan desain dan arsitektur global, Janet Pogue McLaurin. “Kami sedang merancang bagaimana jalan masuk ke gedung. Bagaimana mereka mulai terpisah? Bagaimana cara mereka menavigasi lobi? Apakah ada cek suhu?"

Gensler telah menciptakan perangkat lunak untuk menunjukkan kepada klien cara memulai mendesain ulang kantor.

Baik Janet Pogue McLaurin maupun Gable Clarke sama-sama sepakat bahwa perubahan kantor mencakup koridor lebih luas dengan lalu lintas satu arah, penyaringan udara lebih baik, kontrol elevator tanpa sentuhan, bahan antimikroba dalam konstruksi baru, serta video coference termasuk di dalam kantor untuk menghindari ruang konferensi.

"Mungkin Anda membagi tempat kerja menjadi dua, setengah karyawan kantor masuk pada hari Senin dan Rabu, setengah lagi masuk pada Selasa dan Kamis," kata Clarke.

Dampaknya, meja dan kursi kantor lebih sedikit.

Satu perubahan lain yang disarankan adalah menghilangkan meja diisi dengan foto keluarga dan barang-barang pribadi. "Petugas kebersihan (cleaning service) sering tidak dapat membersihkan meja karena banyak barang-barang pribadi," kata Wakil Presiden, Okta, layanan tempat kerja global, Armen Vartanian.

"Mungkin akan lebih bersih untuk memiliki meja terbuka - dilengkapi teknologi terbaru - yang memungkinkan karyawan dapat memilih setiap hari dan dapat dibersihkan setelahnya."

Sementara Toyota bisa memasang plexiglass barrier antara wastafel kamar mandi. Banyak kamar mandi kantor sudah memiliki wastafel tanpa sentuhan dan dispenser sabun.

Lalu bagaimana dengan pintu toilet? "Kita mulai berpikir dengan memasukkan aktivasi suara untuk membuka pintu," kata Pogue McLaurin.

Polisi Kesehatan
Perusahaan harus menunjuk seseorang yang bertanggung jawab memastikan karyawan mengikuti aturan baru. "Penegakkan menjadi penting karena sifat manusia ingin berkumpul bersama," kata Clarke.

Tren ke depan lainnya adalah bekerja dari rumah. Penelitian oleh Gensler menunjukkan beberapa pekerja ingin bekerja dari rumah. "Beberapa hasil awal riset menunjukkan orang merasa sangat produktif bekerja di rumah," kata Pogue McLaurin.

Dia berharap tren ini akan terus berlanjut, meskipun berdampak negatif pada properti karena sewa ruang dan penjualan kantor akan berkurang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CNBC

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

IFG: Kapabilitas Reasuransi Nasional Kurang Proporsional

IFG Progress dalam risetnya berjudul "Reasuransi 101" membeberkan bahwa peran reasuransi cukup besar dalam mem-backup risiko di industri asuransi.

EKONOMI | 25 September 2022

AXA Financial dan BAV Kerja Sama Proteksi Asuransi bagi UMKM

AXA Financial Indonesia bersama Bina Artha Ventura (BAV) menjalin kerja sama menyasar pelaku UMKM mendapat perlindungan asuransi.

EKONOMI | 25 September 2022

Hindari Penyalahgunaan Data BSU, BP Jamsostek Imbau Pekerja Gunakan Kanal Resmi

Menurut data BP Jamsostek, sampai saat ini sudah sebanyak 7,5 juta data calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang diserahkan kepada Kemnaker.

EKONOMI | 25 September 2022

Sandiaga: Upskilling dan Kolaborasi Majukan Pariwisata

Sandiaga Uno menyoroti perlunya reskilling dan upskilling untuk masa depan industri perhotelan dan pariwisata yang lebih cerah.

EKONOMI | 25 September 2022

Bank BJB Kini Tangani Nasabah Dana Pensiun Kimia Farma

Bank BJB bersama Dana Pensiun (Dapen) Kimia Farma kini menangani pembayaran manfaat pensiun bagi pensiunan Kimia Farma.

EKONOMI | 25 September 2022

Hingga Agustus, Produksi Migas PHE Capai 963.000 BOEPD

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) hingga Agustus 2022 mencatat realisasi produksi minyak dan gas (migas) mencapai 963.000 barel setara minyak per hari.

EKONOMI | 25 September 2022

Bank BJB Bangun Sinergitas Dukung Ketahanan Pangan Nasional

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) atau bank bjb mendukung program ketahanan pangan nasional.

EKONOMI | 25 September 2022

Dituduh Rasis, McDonald's Dituntut Rp 150 Triliun

Raksasa makanan cepat saji McDonald's menghadapi tuntutan US$ 10 miliar (Rp 150 triliun) karena dituduh bersikap rasis dalam beriklan.

EKONOMI | 25 September 2022

Harga Tiket Pesawat Diprediksi Akan Naik Lebih Tinggi

Harga tiket pesawat diperkirakan akan naik lebih tinggi. Industri transportasi udara menghadapi kenaikan biaya bahan bakar jet dan masalah keuangan

EKONOMI | 25 September 2022

Supersibuk, Elon Musk Punya 27 Tangan Kanan di Tesla

CEO Tesla Elon Musk disebut memiliki 27 orang deputi di Tesla yang melapor langsung ke dirinya. Ini belum termasuk eksekutif di SpaceX dan Boring Co.

EKONOMI | 25 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Romelu Lukaku Tak Berpikir untuk Kembali ke Chelsea

Romelu Lukaku Tak Berpikir untuk Kembali ke Chelsea

BOLA | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings