Kempupera Bedah 2.000 Rumah di Bengkulu

Kempupera Bedah 2.000 Rumah di Bengkulu
ilustrasi bedah rumah (Foto: ist)
Imam Muzakir / FER Jumat, 1 Mei 2020 | 22:38 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) terus mendorong peningkatan kualitas rumah tidak layak huni (RTLH) milik masyarakat melalui program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) di seluruh wilayah Indonesia. Salah satunya, dengan pelaksanaan bedah rumah sebanyak 2.000 unit rumah di Bengkulu.

Baca: Kempupera Fungsikan Akademi UGM sebagai RS Rujukan Covid-19

"Pada tahun 2020 ini kami akan menyalurkan program BSPS sebanyak 2.000 unit rumah di provinsi Bengkulu,” ujar kepala satuan kerja non vertikal tertentu (SNVT) penyediaan perumahan provinsi Bengkulu, Syamsul Bahri dalam siaran pers, Jumat (1/5/2020)

Penyaluran BSPS di Provinsi Bengkulu, terang Syamsul Bahri, dilakukan dalam dua tahap. Untuk tahap pertama, akan dilaksanakan sebanyak 1.200 unit rumah di tujuh kabupaten/kota dan tahap kedua sebesar 800 unit di 10 kabupaten/kota.

Sebanyak 2.000 unit rumah yang akan dibedah tersebut semuanya akan mendapatkan dana peningkatan kalitas rumah swadaya dengan besaran Rp 17,5 juta per unit. Rinciannya adalah Rp 15 juta untuk bahan material bangunan dan sisanya Rp 2,5 juta untuk jasa tukang.

Baca: Persediaan Bahan Pangan di Bengkulu Masih Aman

Dalam proses penyaluran dana program BSPS tersebut, direktorat jenderal perumahan Kempupera melalui SNVT penyediaan perumahan provinsi Bengkulu telah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk area Bengkulu untuk menyalurkan bantuan dana program BSPS di wilayah Bengkulu.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan BSPS ini nantinya dapat membantu masyarakat di provinsi Bengkulu yang belum memiliki hunian tinggal yang layak, bisa memiliki hunian yang lebih baik dan sehat," kata Syamsul Bahri.



Sumber: BeritaSatu.com