KPK Terus Selidiki Century

KPK Terus Selidiki Century
Senin, 26 Juli 2010 | 18:50 WIB

Komisi Pemberantasan Korupsi belum menghentikan penyelidikan kasus dana talangan kepada Bank Century, dan akan melakukan koordinasi dengan Kejaksaan Agung dan Mabes Polri.

Dalam penjelasannya kepada wartawan beritasatu.com, Juru Bicara KPK, Johan Budi SP mengatakan,  KPK bahkan telah selesai melakukan pendalaman kasus dana talangan kepada Bank Century.
 
“Kami [KPK] tidak akan berhenti sampai  benar-benar menyimpulkan tidak adanya tindak pidana korupsi. Masih dilakukan proses penyelidikan,” kata Johan.
 
“Sampai hari ini perlu kita [KPK] sampaikan ke masyarakat bahwa kami masih bekerja keras dalam penyelidikan kasus Century,” kata Johan.
 
Pernyataan itu disampaikan Johan menanggapi usulan Ketua Komisi III DPR Benny K Harman, yang meminta KPK menghentikan penyelidikan skandal Bank Century. Menurutu Benny, jika  KPK dan Kejaksaan Agung  tidak menemukan unsur korupsi dalam kasus Century,  kedua lembaga tersebut diminta mengumumkan kepada publik secara terbuka.
 
"Kasus Century ini jangan digantung dan dipelihara terus seperti layang-layang putus," ujar Benny.
 
Johan menyatakan,  pekan depan akan ada pertemuan antara tim Kejaksaan Agung, Mabes Polri dan KPK untuk membahas pendalaman yang telah dilakukan KPK. Pertemuan tersebut sekaligus untuk membuktikan, KPK tidak diam dan terus melakukan penyelidikan terhadap kasus Bank Century.
 
“KPK masih  mengumpulkan informasi dan data terkait kasus yang diduga merugikan negara hingga Rp 6, 7 triliun,” kata Johan.
 
Menurutnya, KPK akan melihat sejauh mana penyelidikan yang telah dilakukan oleh Kejaksaan dan Mabes Polri. Demikian sebaliknya, Kejaksaan dan Mabes Polri akan mengetahui sejauh mana hasil pendalaman yang telah dilakukan KPK.
 
“Kami tidak akan berhenti sampai kita benar-benar menyimpulkan tidak adanya tindak pidana korupsi. Masih kita lakukan proses penyelidikan,” kata Johan.
 
Menanggapi rencana pemanggilan KPK, Mabes Polri dan Kejaksaan 9 Agustus mendatang oleh Tim Pengawas Bank Century DPR-RI, Johan mengatakan,  gelar perkara yang dilakukan tim pengawas tidak bisa menetapkan apakah kasus Bank Century dihentikan penyelidikannya atau tidak.
 
“Kesimpulan tidak adanya tindak pidana korupsi itu bukan ada pada mereka. Itu berasal dari KPK. Kami yang menyimpulkan,” kata Johan.
 
Sumber: -