Dorong PSR, Kempupera Bentuk 19 Balai Perumahan

Dorong PSR, Kempupera Bentuk 19 Balai Perumahan
Direktur Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera), Khalawi Abdul Hamid. (Foto: Beritasatu Photo / Dok. Kempupera)
Imam Muzakir / FER Selasa, 26 Mei 2020 | 17:31 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) akan membentuk sebanyak 19 balai perumahan di sejumlah provinsi di Indonesia.

Baca Juga: Realisasi Program Sejuta Rumah Capai 215.662 Unit

Adanya balai perumahan tersebut diharapkan dapat mendorong pelaksanaan Program Sejuta Rumah (PSR) sekaligus menggandeng para pemangku bidang perumahan di daerah agar meningkatkan pembangunan hunian yang layak huni bagi masyarakat.

"Berdasarkan arahan Menteri nantinya akan dibentuk 19 balai Perumahan di sejumlah provinsi di Indonesia,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kempupera, Khalawi Abdul Hamid, dalam siaran pers, di Jakarta, Selasa (26/5/2020).

Baca Juga: Pengembang Rumah MBR Harapkan Insentif Khusus

Khalawi mengatakan, selama ini pelaksanaan program Perumahan Direktorat Jenderal Perumahan Kempupera di daerah masih dilaksanakan oleh satuan kerja setingkat SNVT. Adanya pembentukkan Balai Perumahan diharapkan dapat mendorong para pemangku kepentingan bidang perumahan di daerah untuk meningkatkan pembangunan perumahan untuk masyarakat.

"Negara, juga bertanggungjawab agar setiap warga di Indonesia menempati rumah yang layak huni. Sedangkan pemerintah pusat juga bertanggung jawab atas penyediaan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)," kata Khalawi.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Mendorong Pengembang Kreatif 

Adapun beberapa program pembangunan perumahan yang saat ini dilaksanakan Kempupera antara lain membangun rumah susun, rumah khusus, rumah swadaya serta menyalurkan bantuan prsarana, sarana dan utilitas (PSU) untuk perumahan bersubsidi.

"Saat ini masalah perumahan juga menjadi prioritas pembangunan pemerintah dan menjadi tulang punggung pelaksanaan program padat karya di masyarakat. Balai Perumahan ini nantinya akan memperkuat kelembagaan serta strategi meningkatkan capaian PSR di daerah,” tandas Khalawi.



Sumber: BeritaSatu.com