Logo BeritaSatu

Pentingnya Memilih Asuransi agar Terlindungi saat Pandemi

Jumat, 29 Mei 2020 | 13:19 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Belum berakhirnya masa pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia, membuat masyarakat semakin sadar terhadap pentingnya menjaga pola hidup sehat mulai menjaga kebersihan lingkungan hingga makan makanan bergizi. Semua dilakukan demi menjaga imunitas tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit, termasuk Covid-19.

Salah satu memitigasi risiko penyakit adalah melakukan proteksi diri lewat produk asuransi. Seberapa penting masyarakat memiliki polis asuransi kesehatan di masa pandemi corona? Apalagi pemerintah telah menyediakan BPJS Kesehatan untuk seluruh masyarakat.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menjelaskan, polis asuransi berfungsi sebagai proteksi atas risiko yang tidak terduga."Asuransi kesehatan memberikan manfaat dengan menanggung risiko, yaitu biaya pengobatan penyakit tertentu. Salah satunya penyakit akibat terjangkit virus corona," kata Togar dalam keterangan yang diterima Jumat (29/5/2020).

Namun Togar mengingatkan, agar calon nasabah yang membeli polis asuransi dengan proteksi penyakit Covid-19, perlu memastikan kembali manfaat yang diterimanya. Pasalnya, polis asuransi yang dikeluarkan setiap perusahaan asuransi berbeda-beda. "Produk setiap perusahaan asuransi menawarkan manfaat perlindungan yang beragam," imbuh Togar.

Selain memberikan perlindungan diri, sejumlah produk asuransi ada yang menawarkan keuntungan investasi. Salah satunya adalah produk unitlink. "Produk unitlink bermanfaat dengan memberikan perlindungan terhadap risiko jiwa sekaligus tambahan manfaat investasi," kata dia.

Namun perlu dipahami bahwa investasi yang menawarkan imbal hasil, juga memiliki risiko. "Produk asuransi yang menawarkan investasi pada umumnya juga memiliki risiko yang disebabkan oleh likuiditas portofolio investasi, yang terkait dengan ekonomi makro, termasuk pasar modal," kata Togar.

Pengamat Asuransi Azuarini Diah menambahkan, di masa pandemi corona yang turut memukul berbagai sektor perekonomian nasional, perlu berhati-hati dalam membeli polis asuransi berbalut investasi. "Saat pandemi seperti saat ini, semua investasi mengalami koreksi. Jadi belum saat yang tepat untuk membeli polis asuransi berbalut investasi," kata dia.

Terkait layanan BPJS Kesehatan dia menilai mengingat sifat layanannya standar, tidak semua kalangan merasa cocok dengan sistem layanan kesehatan yang disediakan asuransi ini.

Menurut Azuarini, setidaknya ada tiga alasan masyarakat masih membutuhkan asuransi swasta walaupun sudah ada BPJS Kesehatan. Pertama, asuransi kesehatan swasta bermanfaat untuk mendapatkan akses layanan langsung. Kedua, polis asuransi kesehatan swasta bisa memberikan layanan lebih cepat. Terakhir, asuransi kesehatan swasta diperlukan untuk mendapatkan layanan kesehatan yang optimal.

Sebagai gambaran, sejumlah perusahaan asuransi menawarkan produk perlindungan terhadap wabah virus corona. Di antaranya PT Prudential Life Assurance (Prudential), PT AIA Financial, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia dan PT Generali Indonesia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PTPP Gaet LG CNS Kembangkan Proyek Smart City di IKN

PTPP menjalin kolaborasi dengan LG CNS Company Limited (LG CNS), untuk mengembangkan proyek smart city di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Grab Bantah Klaim Yusuf Mansur Jabat Posisi Komisaris

Grab Indonesia membantah pernyataan Ustaz Yusuf Mansur yang mengatakan dirinya merupakan salah satu Dewan Komisaris Grab Holdings Limited.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Transaksi Kripto di Indonesia Menurun, Apa yang Terjadi?

Total nilai transaksi kripto pada Januari-Agustus 2022 tercatat sebesar Rp 249,3 triliun atau turun 56,35% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Kehadiran Bendungan Tapin Dongkrak Panen Petani Jadi 8 Ton

Bendungan Tapin selain berfungsi memperkuat ketahanan pangan dan mereduksi banjir, juga menjadi sumber air untuk pembangkit listrik serta obyek wisata.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Mungkinkah Oktober Jadi Bulan yang Baik untuk Pasar Kripto?

Pergerakan pasar kripto, terutama aset kripto berkapitalisasi besar seperti Bitcoin, kembali turun, membuat kalangan investor kripto sedikit muram.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Asuransi Aspan dan Pelni Kolaborasi Pengembangan Bisnis

Asuransi Aspan dan PT Pelni (Persero) menjalin kerja sama pemanfaatan jasa dan pengembangan potensi bisnis di antara kedua perusahan.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Tips Membuat Unit Apartemen Tampak Luas, Simak Langkahnya

Ukuran unit apartemen yang minimalis terkadang menjadi batu sandungan bagi mereka yang ingin membeli apartemen.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

OJK Optimistis Capai Target Inklusi Keuangan 90% di 2024

Friderica menyampaikan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memasang target inklusi keuangan sebesar 90% di akhir 2024.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Jokowi Ingatkan Dewan Direksi BPJS TK Hati-hati Kelola Dana

Presiden Jokowi mengingatkan Dewan Direksi BPJS Ketenagakerjaan untuk berhati-hati dalam mengelola dana.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

PTBA Bangun PLTS Irigasi Sawah di Lampung Tengah

PTBA memulai pembangunan PLTS berkapasitas 42 kWp yang akan menyuplai listrik untuk 2 pompa irigasi yang mengairi sawah seluas 150 hektar.

EKONOMI | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Pilih Pj Gubernur Pengganti Anies dalam Waktu Singkat

Jokowi Pilih Pj Gubernur Pengganti Anies dalam Waktu Singkat

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings