Logo BeritaSatu

Juni, Pemerintah Akan Resmikan 4 Ruas Jalan Tol

Jumat, 29 Mei 2020 | 17:00 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAH

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan empat ruas jalan tol sudah rampung dan akan segera diresmikan pada Juni 2020 mendatang. Keempat ruas jalan tol tersebut adalah Banda Aceh-Sigli seksi IV, Pekanbaru-Dumai, Balikpapan-Samarinda, dan salah satu bagian di ruas Tol Manado-Bitung.

“Untuk progres pembangunan jalan tol yang total nilai investasinya ada sekitar Rp 396 triliun, progresnya sampai Juni ini yang bisa diresmikan adalah Banda Aceh-Sigli Seksi IV sepanjang 14 km, sekarang sedang uji layak untuk diresmikan pengoperasiannya,” kata Basuki Hadimuljono saat konferensi pers seusai menghadiri rapat yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (29/5/2020).

Kemudian ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km, yang merupakan bagian dari Trans Sumatra Toll Road. “Sekarang sedang uji layak fungsi,” ujar Basuki Hadimuljono.

Berikutnya, ruas jalan tol sepanjang 21 km yang merupakan bagian dari ruas tol Manado Bitung, dan ruas jalan tol Balikpapan-Samarina seksi I dan V sepanjang 33 km juga sudah siap diresmikan.

Selain itu, ada beberapa tol yang akan diresmikan pada akhir tahun 2020 ini, yakni ruas jalan tol Pettarani-Makassar, Cibitung-Cilincing, dan Kriyan-Legundi-Bunder Manyar.

“Kemudian, yang mungkin sampai akhir tahun Pettarani-Makassar yang baru saja kita selesaikan topping off -nya. Kemudian Cibitung Cilincing di JORR dan Kriyan-Legundi-Bunder Manyar di Jawa Timur. Itu yang siap diresmikan,” terang Basuki Hadimuljono.

Sementara untuk pembangunan 10 ruas jalan tol lainnya, lanjut Basuki Hadimuljono, pihaknya sudah melakukan market sounding kepada para investor. Kesepuluh ruas jalan tol yang akan dibangun diantaranya, ruas jalan tol Solo-Jogja.

“Jadi Kulon Progo-Jogja-Solo sepanjang 76 km ini proses lelangnya sudah mulai, dan tanggal 4 Juni nanti akan proses pemasukan penawarannya. Mudah-mudahan sekitar September, Oktober, kalau bisa sudah mulai konstruksinya, dengan pembebasan lahan dulu,” ungkap Basuki Hadimulyono.

Ruas jalan tol lainnya adalah, Cileunyi-Garus-Tasikmalaya (Cigatas), akses Patimban, Bogor-Serpong, Sentul Selatan-Karawang Barat, Tol Pelabuhan Semarang, Semarang-Balaraja, Cikunir-Karawaci, dan Cikunir-Ulujami.

“Sembilan paket ruas jalan tol ini akan dimulai prakualifikasinya pada bulan ini juga,” ujar Basuki Hadimuljono.

Selain membangun jalan tol, Kementerian PUPR juga membangun 65 bendungan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 60 bendungan telah rampung pembangunannya sepanjang tahun 2015-2016. Sehingga pada tahun 2020 ini, pihaknya tinggal menyelesaikan pembangunan lima bendungan lagi.

“Ini sudah dimulai di Bendungan Tiu Suntuk di NTB, bendungan Jragung di Jateng, bendungan Amarelo di Sulteng, bendungan Sepaku Semoi di Kaltim, bendungan di Gorontalo. “Sekarang sedang proses lelang dan konstruksi,” tambahnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gandeng Sinergy Networks, Surge Bidik Pendapatan Rp 821 M

PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge melalui PT Integrasi Jaringan Ekosistem (Weave) menandatangani perjanjian dengan Sinergy Networks.

EKONOMI | 30 September 2022

Traveloka Dapat Suntikan Dana US$ 300 Juta dari INA Dkk

Traveloka, mendapatkan fasilitas pendanaan US$ 300 juta dari Indonesia Investment Authority, BlackRock, Allianz Global Investors, Orion Capital Asia.

EKONOMI | 30 September 2022

ICT Business Partnership, Pengusaha Korea-Indonesia Jalin Kerja Sama

Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Korea bekerja sama dengan Korea National IT Industry Promotion Agency menggelar ICT Business Partnership.

EKONOMI | 30 September 2022

OPEC Disinyalir Pangkas Produksi, Harga Minyak Mentah Turun

Sempat menyentuh US$ 90 per barel, harga minyak mentah dunia Brent akhirnya turun pada perdagangan Jumat pagi (30/9/2022) di Asia.

EKONOMI | 30 September 2022

Dari Merugi Garuda Untung Rp 57 Triliun, Kok Bisa?

Laba bersih tersebut merupakan hasil dari pembalikan liabilitas atau utang setelah Garuda menuntaskan PKPU.

EKONOMI | 30 September 2022

Wall Street Melemah, S&P 500 Anjlok ke Level Terendah 2022

Wall Street ditutup melemah. Indeks S&P 500 jatuh ke level terendah tahun ini di tengah sentimen the Fed bakal tetap menaikkan suku bunga.

EKONOMI | 30 September 2022

Bank Raya Tunjuk Ida Bagus Ketut Subagia Jadi Dirut

Bank Raya menunjuk Ida Bagus Ketut Subagia sebagai Direktur Utama Bank Raya. Bank Raya juga mengumumkan rencananya menerbitkan 3,5 miliar saham.

EKONOMI | 29 September 2022

Mitigasi Risiko Kendaraan, Fox Logger Gaet Sompo Insurance

Fox Logger bekerja sama dengan PT Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance) untuk memberikan keamanan dalam mitigasi risiko kendaraan.

EKONOMI | 29 September 2022

Seedbacklink Siap Bantu UMKM Masuk Platform Digital

Seedbacklink siap membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mulai memasuki dunia digital.

EKONOMI | 29 September 2022

Right Issue 3,5 Miliar Saham, Bank Raya Bakal Ekspansif

RUPSLB PT Bank Raya Indonesia Tbk menyepakati rencana penambahan modal melalui right issue sebanyak-banyaknya 3,5 miliar saham.

EKONOMI | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gandeng Sinergy Networks, Surge Bidik Pendapatan Rp 821 M

Gandeng Sinergy Networks, Surge Bidik Pendapatan Rp 821 M

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings