Logo BeritaSatu

291 Rumah Sakit Telah Ajukan Klaim Layanan Covid-19

Jumat, 29 Mei 2020 | 18:26 WIB
Oleh : Dina Manafe / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - BPJS Kesehatan mencatat hingga saat ini sebanyak 291 rumah sakit yang memberikan layanan Covid-19 telah mengajukan klaim kepada Kementerian Kesehatan dan ditembuskan ke BPJS Kesehatan melalui kantor cabang di berbagai daerah. Beberapa klaim di antaranya sudah diverifikasi oleh BPJS Kesehatan dan diajukan ke Kementerian Kesehatan untuk diproses lebih lanjut.

Update Covid-19: Bertambah 678, Kasus Positif di Indonesia Jadi 25.216

Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma’ruf, mengatakan, dalam hal pembiayaan Covid-19, BPJS Kesehatan mendapat tugas khusus dari pemerintah untuk memverifikasi klaim pelayanan kesehatan rumah sakit terkait penanganan penyakit Covid-19. Saat ini, BPJS Kesehatan menjalankan proses verifikasi tersebut secara bertahap sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan, yaitu tujuh hari kerja.

“Sampai dengan 27 Mei 2020, terdapat 291 RS yang telah mengajukan klaim khusus untuk kasus Covid-19 di Kantor Cabang BPJS Kesehatan. Beberapa klaim yang diajukan oleh RS telah diverifikasi dan diajukan ke Kementerian Kesehatan untuk diproses lebih lanjut,” kata Iqbal, Jumat (29/5/2020).

86 Juta Anak Terancam Miskin Akibat Dampak Covid-19

Menurut Iqbal, setelah melakukan verifikasi, BPJS Kesehatan akan menerbitkan Berita Acara Verifikasi pembayaran tagihan klaim pelayanan kepada Kementerian Kesehatan. Selanjutnya, Kementerian Kesehatan akan membayarkan klaim kepada rumah sakit setelah dikurangi uang muka yang telah diberikan sebelumnya.

Menurut Kepmenkes 238 tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Klaim Penggantian Biaya Perawatan Pasien Covid-19, Kementerian Kesehatan membayarkan uang muka sebesar 50% dari total klaim kepada rumah sakit pada awal pengajuan klaim tanpa menunggu verifikasi BPJS. Setelah BPJS melakukan verifikasi dan menyerahkan berita acara hasil verifikasi tersebut, Kementerian Kesehatan baru membayarkan sisanya.

“Biaya klaim akan ditransfer ke rekening rumah sakit oleh Kementerian Kesehatan dalam kurun waktu tiga hari kerja,” kata Iqbal.

Pemeriksaan SIKM Berlaku hingga Status Bencana Nasional Covid-19 Dicabut

Pembiayaan klaim pasien Covid-19 ini menurut Iqbal berasal dari daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atau sumber dana lainnya sesuai ketentuan perundang-undangan.

Iqbal juga mengingatkan bahwa masa kedaluwarsa klaim adalah tiga bulan setelah status pandemi Covid-19 dicabut oleh pemerintah. Untuk itu, diharapkan rumah sakit dapat menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan dengan lengkap agar proses pengajuan klaim berjalan lancar.

“Berkas klaim pasien Covid-19 yang dapat diajukan adalah yang dirawat sejak tanggal 28 Januari 2020. Berkas-berkas pendukung verifikasi ini harus diajukan dalam bentuk softfile melalui aplikasi e-Claim INA CBGs,” kata Iqbal.

Adapun kriteria pasien yang dapat diklaim biaya perawatannya adalah pasien yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19, pasien dalam pengawasan (PDP), dan orang dalam pemantauan (ODP). Khusus yang ODP adalah berusia di atas 60 tahun dengan atau tanpa penyakit penyerta, dan usia kurang dari 60 tahun dengan penyakit penyerta. Pembiayaan Covid ini diberikan baik kepada WNI ataupun WNA yang dirawat di rumah sakit di wilayah Indonesia.

Dihubungi terpisah, Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan, Brigjen Alexander Ginting mengatakan, rumah sakit yang mengajukan klaim pelayanan pasien Covid-19 untuk bulan Maret dan April sudah dibayarkan oleh Kementerian Kesehatan. Namun Alexander tidak menyebut detail berapa nilai klaim yang telah dibayarkan oleh Kementerian Kesehatan kepada rumah sakit tersebut .

“Ada rumah sakit yang sudah sesuai klaim, ada yang dipanjar karena lengkap administrasinya. Ada yang sedang proses berkas klaim baru diajukan dan dilengkapi. Tapi pada prinsipnya rumah sakit yang ditunjuk merawat pasien Covid untuk pelayanan Maret dan April sudah dibayarkan,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jelang KTT G-20, 25 Maskapai Layani Penerbangan ke Bali

Sandiaga Uno menyatakan 25 maskapai internasional melayani penerbangan ke Denpasar, Bali, menjelang KTT G-20.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Minyak Makan Merah Raih SNI, Menkop UKM: Tak Perlu Ragu Lagi

Teten Masduki menegaskan, dengan dikeluarkannya SNI dari BSN, tidak perlu lagi ada yang meragukan minyak makan merah layak dikonsumsi atau tidak.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Kebijakan Satu Peta Dorong Pemerataan Pertumbuhan Ekonomi

Menko Airlangga menegaskan, kebijakan satu peta menjadi landasan pemerataan dan pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Kolaborasi LandX-Moka Akselerasi Pertumbuhan Bisnis UMKM

LandX menggandeng Moka, sebagai mitra penyaluran modal usaha pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Menperin Pede Penuhi Target Produksi 2 Juta Motor Listrik

Agus menegaskan, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) siap mengejar target produksi sepeda motor listrik sebanyak dua juta unit dalam waktu satu tahun.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Jokowi Minta Pengembangan Lumbung Pangan Dilanjutkan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mendorong pengembangan lumbung pangan atau food estate di sejumlah wilayah di Indonesia.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Menko Airlangga Tegaskan Manfaat Kebijakan Satu Peta

Menko Airlangga menyampaikan, produk kebijakan satu peta telah dibagipakaikan kepada seluruh kementerian/lembaga (K/L) termasuk pemerintah daerah.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Sino Ocean Group Garap Auraya Suites di Kawasan Alam Sutera

Sino Ocean Group, mengembangkan proyek Auraya Suites sebagai hunian modern di kawasan Alam Sutera, Serpong, Tangerang.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Di Era Transisi Energi, Peranan Hulu Migas Justru Makin Besar

Peranan hulu minyak dan gas (migas) justru makin besar di era transisi energi. Kebutuhan energi di era transisi energi masih akan dipasok oleh energi fosil.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Waskita Karya Jalankan 8 Strategi Penyehatan, Ini Progresnya

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) tengah fokus melakukan pemulihan dengan delapan langkah penyehatan keuangan yang dilakukan sejak tahun lalu.

EKONOMI | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Seluruh Kompetisi Eropa Adakan Mengheningkan Cipta <em></em>

Tragedi Kanjuruhan, Seluruh Kompetisi Eropa Adakan Mengheningkan Cipta

BOLA | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings