Rusun Pasar Jumat Usung Konsep Hunian Terintegrasi

Rusun Pasar Jumat Usung Konsep Hunian Terintegrasi
Ilustrasi rumah susun sederhana sewa (rusunawa). (Foto: Antara / Asep Fathulrahman)
Muawwan Daelami / FER Minggu, 31 Mei 2020 | 17:35 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) tengah mengembangkan proyek rumah susun (Rusun) Pasar Jumat.

Baca Juga: Kempupera Optimistis Dorong Program Sejuta Rumah

Rusun ini ditujukan untuk menampung kalangan mahasiswa, pelajar, santri, dan pekerja, termasuk aparatur sipil negara (ASN) serta TNI dan Polri.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera), Basuki Hadimuljono, menyatakan, pembangunan infrastruktur perumahan yang masuk daftar proyek strategis nasional (PSN) terus diselesaikan.

“Progres konstruksi rusun Pasar Jumat yang disiapkan bagi ASN, saat ini sudah mencapai 88,12 persen,” kata Basuki dalam keterangan persnya, Minggu (31/5/2020).

Basuki mengatakan, pembangunan dan ketersediaan hunian layak berupa rusun, dapat berkontribusi nyata bagi produktivitas masyarakat dalam bekerja. “Sekaligus juga sebagai persiapan menghadapi tatanan normal baru atau new normal,” kata Basuki.

Baca Juga: Progres Pembangunan Rusun Pasar Jumat 88%

Basuki menjelaskan, rusun Pasar Jumat berdiri di atas lahan seluas 5.300 meter persegi (m2) dan berada tidak jauh dari stasiun moda transportasi berbasis rel mass rapid transit (MRT)di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Kehadiran rusun berbasis transit oriented development (TOD) yang lokasinya dekat dengan transportasi publik ini, diharapkan dapat membuat masyarakat perkotaan efisien dalam berkegiatan.

Tak hanya itu, imbuh Basuki, konsep hunian terintegrasi ini juga dapat lebih banyak dikembangkan di kota-kota besar lainnya di Indonesia, sehingga dapat menurunkan angka backlog pemilikan dan penghunian rumah sekaligus meningkatkan kualitas hunian yang layak.

Adapun luas bangunan utama Rusun Pasar Jumat sekitar 2.800 meter persegi (m2) yang terdiri dari 18 lantai yaitu 16 lantai untuk hunian 460 unit dan 2 lantai untuk fasilitas bermain anak dan fasilitas umum yang berada di lantai 1 dan 2.

Baca Juga: Pengembang Rumah MBR Harapkan Insentif Khusus

Guna menambah kenyamanan penghuni, setiap unit rusun Pasar Jumat didesain dengan tipe 36 yang dilengkapi dengan fasilitas 1 kamar utama, 1 kamar anak, ruang tamu, kamar mandi shower dan toilet duduk, dan ruang jemur pakaian dengan daya listrik 2.200 KWh.



Sumber: BeritaSatu.com