Semua Tersangka Harus Dilarang Ikut Pemilu

Semua Tersangka Harus Dilarang Ikut Pemilu
Kamis, 5 Agustus 2010 | 19:10 WIB

Calon ketua KPK Jimly Asshiddiqie setuju dengan usulan ICW agar para tersangka korupsi dilarang mendaftar sebagai calon kepala daerah dalam pilkada.

“Saya sangat setuju [dengan usulan ICW], bukan hanya tersangka dalam perkara korupsi, tapi semua jenis perkara,” kata Jimly, saat dihubungi wartawan beritasatu.com, di Jakarta, hari ini.
 
Namun menurutnya pembatasan semacam itu tidak hanya ditujukan bagi tersangka korupsi dan calon dalam pilkada, melainkan untuk semua tersangka kasus lain dan diterapkan di semua pemilihan termasuk pemilihan Presiden dan untuk jabatan publik lainnya.
 
Menurutnya pembatasan diperlukan agar jabatan seperti kepala negara, kepala pemerintahan dan pejabat publik benar-benar di isi oleh orang yang dapat dijadikan panutan.
 
“Hal ini tak bersifat diskriminatif yang bertentangan  UUD. Karena berlaku umum bagi siapa saja yang mau jadi calon, agar jangan jadi tersangka,” tukasnya.
 
Usulan agar ruang regulasi harus menutup celah majunya kandidat bermasalah untuk maju dalam pilkada disampaikan oleh Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW, Ibrahim Fahmi Badoh Selasa lalu.
 
Usulan itu disampaikan Fahmi menyusul masih banyaknya tersangka korupsi yang maju dalam pilkada dan sebagian terpilih.
 
“Panwas juga gagal dalam mengawasi dan mempublikasi temuan adanya pelanggaran hukum salah satu calon. Hal ini memyebabkan public terbutakan dan kesalahan tetap berlanjut,” kata Fahmi.
 
Mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Azyumardi Azra juga setuju usulan pembatasan kepada para tersangka korupsi. Namun  dia tidak setuju jika pembatasan itu diberlakukan kepada para tersangka.
 
“Kita harus menghormati azas praduga tak bersalah,” kata Azyumardi.
 
Menurutnya, mereka yang sudah terbukti korupsi kendati sudah bebas, harus tetap dilarang mencalonkan diri dalam sebuah pemilihan.
 
 “Saya lebih setuju para terdakwa itu harus di-black list, agar tak bisa maju dalam pemilihan. Sekalipun  nanti sudah bebas dari hukumannya misalnya,” katanya.
 
 
Sumber: -