Bursa Asia Menguat, Investor Pantau Ketegangan AS-Tiongkok

Bursa Asia Menguat, Investor Pantau Ketegangan AS-Tiongkok
Ilustrasi bursa saham Asia. (Foto: AFP / Kazuhiro Nogi)
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Selasa, 2 Juni 2020 | 07:27 WIB

Tokyo, Beritasatu.com - Bursa Asia Pasifik naik pada awal perdagangan Selasa pagi (2/6/2020) karena ketegangan Amerika Seriat (AS) dan Tiongkok berlanjut.

Di Jepang, Nikkei 225 naik 0,51 persen pada awal perdagangan, sementara indeks Topix naik 0,52 persen.

Adapun Kospi Korea Selatan naik 0,18 persen. Di tempat lain, S&P/ASX 200 di Australia diperdagangkan naik pada awal sesi. Bank sentral Australia (Reserve Bank of Australia) akan mengumumkan keputusan suku bunga pada 12.30 waktu HK/SIN.

Investor terus mengawasi perkembangan ketegangan antara AS dan Tiongkok.

Reuters yang mengutip sejumlah sumber menyebut bahwa perusahaan-perusahaan milik negara Tiongkok menghentikan pembelian kedelai dan daging babi dari AS. Langlah ini merespons pengumuman Presiden AS Donald Trump yang menghilangkan perlakuan khusus Hong Kong menyusul persetujuan Tiongkok atas Undang-Undang Keamanan Nasional baru yang kontroversial untuk kota tersebut.

Pembukaan kembali ekonomi sebagai respons berkurangnya virus corona secara global juga kemungkinan membebani sentimen investor.

"Krisis kesehatan dan keuangan global sekarang tampaknya sebagian besar di bawah kendali," kata Kepala Ekonomi Internasional Commonwealth Bank of Australia, Joseph Capurso, menulis dalam sebuah catatan.

Baca juga: Bursa AS Menguat Meski Unjuk Rasa Meluas dan Perang Dagang

Semalam di Amerika Serikat, Dow Jones Industrial Average naik 91,91 poin, atau 0,36 persen menjadi 25.475, S&P 500 naik 11,42 poin, atau 0,38 persen menjadi 3.055 dan Nasdaq Composite naik 62,18 poin atau 0,66 persen hingga 9.552.



Sumber: CNBC