Lini Pinjaman Online dari Grup OVO Raih Lisensi OJK

Lini Pinjaman Online dari Grup OVO Raih Lisensi OJK
Ilustrasi "fictech". (Foto: Antara)
Lona Olavia / FER Rabu, 3 Juni 2020 | 20:41 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Indonusa Bara Sejahtera (Taralite) yang merupakan Peer to Peer (P2P) Lending bagian dari Grup OVO, telah mendapatkan lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi berdasarkan SK Anggota Dewan Komisioner OJK Nomor KEP-19/D.05/2020 tertanggal 19 Mei 2020.

Dengan demikian, Taralite yang sebelumnya berstatus 'Terdaftar' di OJK, kini meningkat menjadi perusahaan P2P Lending berlisensi resmi.

Baca Juga: 8 Fintech AFPI Kantongi Izin Usaha dari OJK

Direktur Utama Taralite, Sharly Rungkat menuturkan, Taralite bersama OVO (PT Visionet Internasional) akan terus mendukung upaya pemerintah merealisasikan berbagai visi dan misi ekonomi digital Indonesia, khususnya membawa masyarakat lebih dekat ke berbagai layanan keuangan digital, termasuk sektor UMKM.

Melalui inovasi layanan yang dihadirkan oleh Taralite dan OVO, sebagai platform pembayaran dan layanan keuangan digital terdepan di Indonesia, pengguna dan juga pelaku UMKM akan memperoleh keluasan akses ke layanan yang belum dimanfaatkan, termasuk pinjaman konsumen dan bisnis, khususnya dari sektor UMKM.

"Layanan pinjaman seperti ini dianggap bermanfaat untuk mengembangkan potensi dan usaha bisnis mereka, termasuk dalam upaya pemulihan kegiatan ekonomi serta bisnis di era new normal,” kata Sharly Rungkat dalam siaran pers, Rabu (3/6/2020).

Baca Juga: OVO Perluas Layanan dengan Tiga Kemitraan Strategis

Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra menambahkan, pesatnya pertumbuhan adopsi keuangan digital, juga semakin menunjukkan semakin tingginya tingkat kepercayaan pengguna serta pelaku industri dari berbagai segmen. Untuk itu, guna menjawab tantangan yang dihadapi para pegiat UMKM dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi, kolaborasi ini akan menjadi solusi yang diyakini mampu mendukung kebutuhan usaha mereka dari sisi modal usaha.

"Dengan strategi ekosistem terbuka dan kehandalan teknologi yang dimiliki OVO, Taralite akan terus memperluas layanan OVO tidak hanya sebatas di area pembayaran digital, namun juga menyediakan akses yang mudah dan tanpa batas di area pinjaman bagi jutaan UMKM di seluruh Indonesia," kata Karaniya.

Bersama dengan OVO, menjelang awal tahun 2020, Taralite telah memperkenalkan layanan DanaTara sebagai pengelolaan arus kas dan solusi tambahan modal usaha bagi pelaku UMKM Indonesia.

Baca Juga: OVO dan JCP Berbagi dalam Keterbatasan untuk Seniman

Sebagai informasi, Taralite memberikan pelaku UMKM akses pembiayaan online sampai Rp 500 juta, dengan status pengajuan yang diproses dalam satu hingga tiga hari kerja dan tenor sampai dengan 12 bulan.



Sumber: BeritaSatu.com