Logo BeritaSatu

Lingkungan Diperhatikan Saat Produksi Pangan Dinaikkan

Kamis, 4 Juni 2020 | 09:54 WIB
Oleh : HS

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong mengatakan Indonesia memperhatikan aspek lingkungan saat poduksi pangan coba dinaikkan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Alue berbicara dalam sesi Why peatlands matter for food security yang diadakan International Tropical Peatlands Center dalam Global Landscape Forum Digital Conference 2020 dan bisa diakses dari Jakarta, Rabu (3/6/2020) malam.

Dia mengatakan pemerintah mencoba melakukan secara bijak dengan perspektif yang lebih luas, tidak hanya memaksimalkan produksi pangan tetapi juga memperhatikan aspek lingkungan.

Karenanya, menurut dia, yang dilakukan sekarang adalah mencoba untuk memproduksi komoditas dengan memaksimalkan sumber daya yang ada.

"Pandemi Covid-19 bisa 'positif' jika diatur dengan benar. Saya rasa Indonesia masih di track yang benar, terutama kebijakan lingkungan berkaitan dengan gambut," ujar Alue.

Dia mengatakan kondisi pandemi Covid-19 akan mengubah keadaan. Negara-negara di dunia mencoba menyelamatkan stok pangan mereka masing-masing karena tidak tahu kapan penyakit itu akan berakhir.

Jadi, menurut Alue, yang terjadi adalah deglobalisasi. Kebijakan berubah untuk memastikan suplai pangan mereka tetap ada. Dan sejauh ini kebijakan yang diambil Pemerintah Indonesia cukup mutakhir.

"Kami ambil kebijakan itu secara saintifik. Kami dengar juga dari ahli soal level muka air lahan gambut yang minus 40 sentimeter," ujarnya.

Sementara itu, kaitannya dengan rencana cetak sawah baru di lahan gambut, Guru Besar dari Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Dr Azwar Maas mengingatkan bahwa tanaman pangan butuh air. Dirinya sangat berharap pengembangan rawa gambut untuk padi jangan sampai ada di gambut tebal.

"Kalau kita sepakat pengembangan di gambut tipis atau yang cukup sumber airnya saja. Di Kalimantan Tengah ada tiga sungai utama. Pembukaan lahan pasang surut itu cukup bijak," ujar dia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penuhi Kebutuhan Pupuk Petani, Toko Pe-i Gandeng Pertashop

Pupuk Indonesia menggandeng Pertamina mengembangkan Toko Pe-i untuk penjualan pupuk nonsubsidi bekerja sama dengan para mitra Pertashop.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Investor Kripto Masih Ragu-ragu, Bitcoin Gagal Tembus US$ 17.100

Laju pasar kripto kembali terpantau melemah pada Jumat (2/12/2022). Padahal bitcoin dan kripto lainnya telah mengalami kenaikan beruntun tiga hari terakhir.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Airlangga kepada Pengusaha: Kenaikan UMP ini yang Pertama dalam 3 Tahun

“Ingat, kenaikan upah (UMP 2023) ini yang pertama dari tiga tahun, tidak terjadi dalam dua tahun terakhir," kata Airlangga Hartarto. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Kompak Se-Asia, IHSG Sesi I Ditutup Melemah

IHSG ditutup melemah 32,58 poin (0,46%) ke level 6.988,21. IHSG hari ini bergerak bervariasi dengan rentang 6.967 – 7.021.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Penuhi Cadangan Beras Pemerintah, Bulog Mulai Serap Beras

Perum Bulog telah melakukan penyerapan beras dari berbagai wilayah berdasarkan data yang disampaikan Kementan pada 30 November 2022 lalu.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Tembus Rp 30.000, Telur Pecah Tetap Diburu Pembeli

Harga telur ayam ras di Pasar Grogol, Jakarta Barat, mengalami kenaikan cukup tinggi mencapai Rp 32.000 per kilogramnya dari harga Rp 30.000 per kilogramnya.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Dampak Gempa Cianjur dan Nataru, Harga Telur di Bekasi Naik 18%

Kenaikan harga telur ayam akibat faktor cuaca dan musibah gempa Cianjur. Sebab Cianjur menjadi wilayah pemasok telur ayam untuk wilayah Jabodetabek.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Harga Telur Naik, Omzet Pedagang di Karawang Turun 20%

Harga telur ayam di Pasar Baru Karawang, Jawa Barat, mengalami kenaikan. Hal ini menyebabkan penurunan omzet para pedagang telur ayam hingga 20%.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Bos BI Ungkap 5 Masalah Global Perlu Diwaspadai Tahun Depan

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengungkapkan terdapat lima masalah global yang patut diwaspadai hingga tahun 2023.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Mengenal Santa Claus Rally, Ketika Sinterklas Datang Bawa Cuan

Fenomena rally pasar saham AS pada bulan Desember sering disebut pelaku pasar sebagai Santa Claus Rally.

EKONOMI | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penuhi Kebutuhan Pupuk Petani, Toko Pe-i Gandeng Pertashop

Penuhi Kebutuhan Pupuk Petani, Toko Pe-i Gandeng Pertashop

EKONOMI | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE