Logo BeritaSatu

Disbun Kaltim Dorong Petani Karet Punya Daya Saing

Minggu, 7 Juni 2020 | 08:07 WIB
Oleh : HS

Samarinda, Beritasatu.com - Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur mendorong para petani setempat meningkatkan peran dan daya saing komoditas karet sehingga mempunya nilai jual yang tinggi dan berdampak pada peningkatan ekonomi.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ujang Rachmad di Samarinda, Sabtu (6/6/2020), mengatakan sejumlah program yang telah dilakukan diantaranya perbaikan mutu bahan olah karet melalui inovasi Gebrak Bokar Bersih sebagai program peningkatan komoditas pascapanen.

Ujang menjelaskan Gebrak Bokar Bersih merupakan inovasi yang menghasilkan solusi menyeluruh mengenai budidaya karet Kaltim. Inovasi ini sangat inovatif karena idenya muncul justru di saat krisis kualitas karet dan rendahnya harga jual karet.

"Solusi yang ditawarkan membawa dampak sangat luas karena membuat budidaya karet ditangani secara baik. Mulai produksi getah, pengolahan (bahan olahan karet bersih) hingga pemasaran. Semua prosesnya melibatkan kelompok tani karet langsung dengan pihak pabrik pengolahannya," jelas Ujang.

Ujang menjelaskan bahwa komoditas karet merupakan salah satu produk unggulan perkebunan di Kaltim. Tahun 2019, luas perkebunan karet rakyat 92.640 hektare dengan produksi 57.944 ton getah yang melibatkan 54.470 petani.

Diakui Ujang, kendati sudah lama diusahakan sebagai perkebunan rakyat, lebih dari 80 persen petani di Kaltim kurang mengetahui mengolah karet, cara menyadap yang baik dan menjaga kualitasnya.

Menurut dia, hasil karet menjadi rusak karena terkontaminasi benda-benda asing ke dalam getah, seperti tatal, kayu, batu dan plastik.

Ujang menjelaskan, para petani juga mencampurkan bahan penggumpal yang tidak sesuai, seperti pupuk TSP. Getah disimpan di dalam kolam dalam waktu lama, sehingga elastisitas karet menurun menyebabkan rendahnya harga bokar di tingkat petani. "Kisaran harga yang diperoleh petani sekitar Rp 4.500 hingga Rp 5.000 per kilogramnya," sebut Ujang.

Selain itu, hasil produksi karet dibawa dan dijual ke Kalimantan Selatan yang mengakibatkan biaya angkut lebih tinggi sehingga petani lebih suka menjual kepada para tengkulak dengan harga yang jauh lebih murah.
"Akibatnya, kebanyakan petani tidak termotivasi melakukan penyadapan getah karet," tegas Ujang Rahmad.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ekonom IAEI Sebut Indonesia Mampu Atasi Ancaman Resesi

Ekonom dari Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) Munifah Syanwani menilai Indonesia akan mampu melewati tahun resesi ekonomi.

EKONOMI | 26 November 2022

Terapkan ESG, BRI Raih Peringkat Tertinggi di ASRRAT 2022

BRI berhasil meraih penghargaan platinum rank di ASRRAT 2022. BRI tahun lalu juga meraih peringkat tertinggi di ajang yag sama.

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi: Negara Besar Resesi, Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,72%

Presiden Jokowi menyebut ekonomi Indonesia bisa tumbuh 5,72 persen pada kuartal ketiga di tengah resesi yang dialami sejumlah negara besar di dunia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi Ungkap Syarat Indonesia Jadi 5 Besar Negara Terkuat di 2045

Presiden Jokowi menyampaikan syarat mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang masuk dalam lima besar ekonomi terkuat di dunia pada 2045.

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi: Tidak Mungkin Bersaing dengan Negara Lain kalau Jalannya Becek

Presiden Jokowi mengungkap alasannya terus membangun infrastruktur di luar Pulau Jawa. Infrastruktur akan membuka titik-titik ekonomi baru Indonesia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Hilirisasi, Bahlil Ingin Indonesia Jadi Acuan Harga Timah Dunia

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menargetkan Indonesia setop ekspor timah pada 2023.

EKONOMI | 26 November 2022

Ini 10 Perusahaan Teknologi dengan Jumlah PHK Terbesar

Menurut data layoffs.fyi, terdapat 137.492 karyawan dari 859 perusahaan teknologi di seluruh dunia yang di-PHK pada 2022.

EKONOMI | 26 November 2022

Wall Street Menguat dalam Sepekan di Tengah Minimnya Sentimen

Dow Jones Industrial Average (DJIA) naik pada hari Jumat (25/11/2022). Indeks-indeks acuan Wall Street mencatat kinerja positif selama minggu ini.

EKONOMI | 26 November 2022

BEI Targetkan 57 Perusahaan Melantai di Bursa pada 2023

Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan perusahaan yang melakukan penawaram umum saham perdana (IPO) pada 2023 sebanyak 57 perusahaan

EKONOMI | 26 November 2022

Perluas Pasar Bank Digital, MNC Bank Gandeng Taspen

PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank dipercaya PT Taspen (Persero) (TASPEN) menjadi mitra bayar digital pertama.

EKONOMI | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

SEMESTA BOLA 2022 | 2 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE