Bursa Eropa Melemah di Awal Perdagangan

Bursa Eropa Melemah di Awal Perdagangan
Ilustrasi (Foto: AFP)
Faisal Maliki Baskoro / FMB Selasa, 9 Juni 2020 | 16:02 WIB

Brussels, Beritasatu.com - Bursa Eropa melemah pada awal perdagangan Selasa (9/6/2020). Sentimen positif dari Amerika Serikat pekan lalu tampaknya sudah tidak berpengaruh. Di sisi lain, World Bank memperkirakan perekonomian global memasuki resesi terparah sejak Perang Dunia II.

Indeks Stoxx6000 turun 1,22 persen, DAX Jerman turun 1,88 persen, FTSE Inggris turun 1,58 persen, CAC Prancis turun 1,8 persen, dan FTSE MIB Italia turun 2,24 persen.

Pekan lalu, AS menunjukkan tanda-tanda pemulihan ekonomi dengan menambah 2,5 juta tenaga kerja di saat pasar memperkirakan pengangguran bakal bertambah 8 juta orang. Namun, World Bank pada hari Senin kemarin mengatakan perekonomian global akan menyusut 5,2 persen, menuju periode resesi terparah sejak era PD II.

Komisi Eropa telah mengajukan draft stimulus senilai 750 miliar euro (US$ 847 miliar) untuk memerangi dampak Covid-19. Namun, terdapat sejumlah pasal yang harus disetujui 27 pemimpin Uni Eropa dan pasal-pasal ini bisa menimbulkan perdebatan alot. Misalnya, distribusi stimulus yang adil dan pengawasan penggunaan dana.



Sumber: BeritaSatu.com