Logo BeritaSatu

Percepat Digitalisasi UMKM, GrabMerchant Dipuji Teten Masduki

Jumat, 12 Juni 2020 | 22:31 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop dan UKM) Teten Masduki mengapresiasi aplikasi GrabMerchant. Menurut Teten, aplikasi terbaru keluaran Grab Indonesia ini mendorong inklusi digital bagi UMKM dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Digitalisasi UMKM di tengah pandemi sudah menjadi prioritas pemerintah. Kita bisa melihat, UMKM yang sudah terhubung ke marketplace online sudah meningkat 18 persen," ungkapnya pada konferensi pers virtual, Kamis (11/6/2020).

Transformasi digital, lanjut Teten, telah membantu UMKM untuk bertahan dari dampak Covid-19. Terlebih, masyarakat kini cenderung mengandalkan teknologi untuk memenuhi kebutuhannya ketika ruang gerak terbatas.

"GrabMerchant adalah inovasi yang sangat dibutuhkan saat ini. Platform ini juga akan sangat membantu transformasi digital UMKM Indonesia, sehingga mereka dapat beradaptasi dalam era ekonomi digital," jelasnya.

Adapun GrabMerchant merupakan aplikasi all-in-one bagi UMKM untuk mendigitalisasi operasional mereka secara menyeluruh, menerima pembayaran cashless (OVO). Pemilik usaha juga bisa mengoptimalkan bisnis daring mereka melalui laporan bisnis, pemasaran (promosi) hingga pembelian grosir.

Teten menambahkan, fokus utama GrabMerchant kepada UMKM lokal selaras dengan program pemerintah Gerakan Bangga Buatan Indonesia. Program ini mendorong UMKM agar bangkit kembali dari pandemi melalui digitalisasi.

Penggunaan metode pembayaran cashless juga disebut mendukung imbauan pemerintah untuk menjaga jarak fisik.

"UMKM adalah sektor yang menjaga roda perekonomian kita tetap berputar. Oleh karena itu, kita harus memastikan kelangsungan bisnis mereka di tengah masa transisi ke arah tatanan kehidupan baru (new normal),” kata Teten.

Tak hanya itu, peluncuran aplikasi GrabMerchant ini disambut antusias oleh kalangan UMKM. Salah satunya adalah Muhammad Faisal selaku pemilik usaha produk olahan ayam Kongkowrongok di Bandung.

"Saya menyadari perkembangan zaman dan masyarakat yang kini menginginkan hal yang serba instan untuk pemesanan makanan. Saya juga melihat peluang yang besar untuk berkembang jika saya berbasis digital. Ini menjadi alasan saya mengapa saya bergabung sebagai mitra merchant GrabFood pada tahun 2017," ujar Faisal.

Lebih lanjut, Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menyatakan minimnya jumlah UMKM yang terhubung ke ekosistem digital menjadi salah satu alasan di balik peluncuran GrabMerchant.

"Kami sadar UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia. Akan tetapi, sebagian besar dari mereka masih offline. Untuk mendukung misi kami yakni Grab For Good, kami berharap untuk dapat membantu para UMKM ini untuk transisi ke ranah digital," pungkas Neneng.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ekonom IAEI Sebut Indonesia Mampu Atasi Ancaman Resesi

Ekonom dari Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) Munifah Syanwani menilai Indonesia akan mampu melewati tahun resesi ekonomi.

EKONOMI | 26 November 2022

Terapkan ESG, BRI Raih Peringkat Tertinggi di ASRRAT 2022

BRI berhasil meraih penghargaan platinum rank di ASRRAT 2022. BRI tahun lalu juga meraih peringkat tertinggi di ajang yag sama.

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi: Negara Besar Resesi, Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,72%

Presiden Jokowi menyebut ekonomi Indonesia bisa tumbuh 5,72 persen pada kuartal ketiga di tengah resesi yang dialami sejumlah negara besar di dunia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi Ungkap Syarat Indonesia Jadi 5 Besar Negara Terkuat di 2045

Presiden Jokowi menyampaikan syarat mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang masuk dalam lima besar ekonomi terkuat di dunia pada 2045.

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi: Tidak Mungkin Bersaing dengan Negara Lain kalau Jalannya Becek

Presiden Jokowi mengungkap alasannya terus membangun infrastruktur di luar Pulau Jawa. Infrastruktur akan membuka titik-titik ekonomi baru Indonesia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Hilirisasi, Bahlil Ingin Indonesia Jadi Acuan Harga Timah Dunia

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menargetkan Indonesia setop ekspor timah pada 2023.

EKONOMI | 26 November 2022

Ini 10 Perusahaan Teknologi dengan Jumlah PHK Terbesar

Menurut data layoffs.fyi, terdapat 137.492 karyawan dari 859 perusahaan teknologi di seluruh dunia yang di-PHK pada 2022.

EKONOMI | 26 November 2022

Wall Street Menguat dalam Sepekan di Tengah Minimnya Sentimen

Dow Jones Industrial Average (DJIA) naik pada hari Jumat (25/11/2022). Indeks-indeks acuan Wall Street mencatat kinerja positif selama minggu ini.

EKONOMI | 26 November 2022

BEI Targetkan 57 Perusahaan Melantai di Bursa pada 2023

Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan perusahaan yang melakukan penawaram umum saham perdana (IPO) pada 2023 sebanyak 57 perusahaan

EKONOMI | 26 November 2022

Perluas Pasar Bank Digital, MNC Bank Gandeng Taspen

PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank dipercaya PT Taspen (Persero) (TASPEN) menjadi mitra bayar digital pertama.

EKONOMI | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

SEMESTA BOLA 2022 | 32 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE