Asensi Tekankan Pentingnya Perlindungan Merek bagi Pelaku Usaha
Logo BeritaSatu

Asensi Tekankan Pentingnya Perlindungan Merek bagi Pelaku Usaha

Jumat, 19 Juni 2020 | 16:56 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Merek adalah salah satu hal terpenting dalam setiap bisnis. Oleh sebab itu penting untuk mendapatkan perlindungan baik di tingkat nasional maupun internasional. Bagi pelaku usaha, merek selain berfungsi sebagai identitas, juga merupakan suatu perwujudan kekayaan intelektual yang perlu mendapatkan perlindungan atas kepemilikan melalui registrasi pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Hal tersebut disampaikan oleh Susanty Widjaya, CFE, Ketua Umum Asensi (Asosiai Lisensi Indonesia) dalam acara Asensi Talk secara daring, Jumat (19/6/2020).

"Sebelumnya, prinsip registrasi pelindungan merek memiliki sifat teritorial, dimana pelindungannya terbatas pada wilayah yurisdiksi suatu negara dan tidak bersifat universal. Sehingga untuk memperluas wilayah pelindungan suatu merek, pemilik merek harus mendaftarkan mereknya di setiap negara di mana merek tersebut ingin dilindungi," ujar Susanty.

Namun kendala yang sering kali dialami oleh pemilik merek ketika mendaftarkan merek di luar negeri adalah banyaknya prosedur administratif yang harus dilakukan sesuai dengan sistem pendaftaran merek di masing-masing negara.

Menurut Susanty, kemudahan sistem pendaftaran merek untuk memperoleh perlindungan di negara lain melalui Protokol Madrid, penting untuk terus Asensi sosialisasikan kepada para pelaku usaha. Hal ini merupakan salah satu dari misi kami di Asensi yakni dengan melakukan program edukasi kepada masyarakat Indonesia yang berfokus kepada pengembangan bisnis para pelaku usaha baik di tingkat nasional dan atau bagi para pelaku usaha yang ingin mengekspansi usahanya di luar negeri.

Asensi bersinergi bersama dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia mengadakan program edukasi tanpa batas, yakni Asensi Talk. Dalam dua sesi yang dilakukan secara konsekutif mengenai Merek, Asensi Talk memberikan edukasi khusus mengenai perlindungan merek nasional dan International. Pada AsensiTalk sesi pertama (10/06), dibahas mengenai perlindungan merek di Indonesia.

“Ketua Umum Asensi merasa tergerak dan terpanggil untuk melakukan kerja nyata untuk Indonesia tercinta, dalam hal ini salah satunya adalah di bidang edukasi. Sesuai dengan motto dan semangat Asensi yakni empowering national license, Asensi berkomitmen memajukan merek2 lokal Indonesia, yang juga inline atau satu visi dengan arahan Pak Jokowi yakni semangat 'Beli Buatan Indonesia', di mana kami sudah melakukan kampanye untuk Merek Lokal semenjak 2018 lalu,” terang Susanty.

Sebagaimana diketahui, pemerintah Indonesia telah mengaksesi Protokol Madrid sebagai bagian kebijakan nasional karena menilai pendaftaran merek melalui Protokol Madrid akan memberikan manfaat lebih bagi pemilik merek. Dan, Indonesia telah resmi menjadi negara yang ke 100 yang terdaftar ikut serta di dalam system Madrid ini yang ditanda-tangani langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

TAG: 


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Bursa Eropa Menguat Jelang Negosiasi Stimulus UE

Indeks Stoxx600 naik 0,55 persen, DAX Jerman naik 0,64 persen, FTSE Inggris naik 0,66 persen, CAC Prancis naik 0,71 persen, dan FTSE MIB Italia naik 0,69 persen

EKONOMI | 19 Juni 2020

Bertemu Purnawirawan TNI/Polri, Presiden: Ekonomi RI Lebih Baik

Di antara negara-negara G20, diperkirakan hanya tiga negara yang masih mampu mencatat pertumbuhan positif, yaitu Tiongkok, India, dan Indonesia.

EKONOMI | 19 Juni 2020

Kurs Rupiah Masih Stabil di Rp 14.100

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan sore hari ini, Jumat (19/6/2020), melemah ke kisaran Rp 14.100.

EKONOMI | 19 Juni 2020

IHSG Ditutup Menguat 0,35% ke 4.942

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,35 persen ke kisaran 4.942,28 pada akhir perdagangan hari ini, Jumat (19/6/2020).

EKONOMI | 19 Juni 2020

Dorong Ekonomi Daerah, OJK Resmikan Gedung Kantor di Solo

“Peran ekonomi daerah menjadi penting untuk menopang percepatan recovery ekonomi nasional,” kata Wimboh Santoso.

EKONOMI | 19 Juni 2020

Skema Dana Talangan untuk BUMN Tak Perlu Dikhawatirkan

Yuyun Pringadi mengatakan belakangan ini kritik anggota DPR marak. Oleh sebab itu, kritikan yang di alamatkan ke BUMN patut direspons secara konstruktif.

EKONOMI | 19 Juni 2020

Bursa Asia Ditutup Menguat

Bursa Asia Pasifik ditutup menguat pada perdagangan Jumat (19/6/2020). Investor memantau situasi kenaikan kasus virus corona (Covid-19).

EKONOMI | 19 Juni 2020

Ketua Banggar: Jangan Sampai Ada Kegagalan Sistemik Perbankan

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, M Said Abdullah mengingatkan Pemerintah dan lembaga terkait jangan sampai membiarkan adanya bank gagal sistemik.

EKONOMI | 19 Juni 2020

Bisnis Minuman Kekinian, Pengusaha Muda Raup Miliaran Rupiah

Selain itu, dia ingin membuka cabang di luar negeri.

EKONOMI | 19 Juni 2020

Rupiah Siang Ini Tergerus di Tengah Penguatan Mata Uang Asia

Rupiah hari ini diperdagangkan dengan kisaran Rp 14.062-Rp 14.135 per dolar AS.

EKONOMI | 19 Juni 2020


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS