Logo BeritaSatu

Masuki New Normal, Pasar Properti Diyakini Segera Pulih

Senin, 22 Juni 2020 | 23:52 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / FER

Surabaya, Beritasatu.com - Anjloknya pasar properti nasional akibat pandemi Covid-19 kiranya tidak sepenuhnya terjadi di Surabaya. Pasalnya, presentasi penurunan yang terjadi di Surabaya jauh lebih kecil dibanding penurunannya di wilayah Jabodetabek dan Bandung.

Baca Juga: Ini Tipe Konsumen Properti di Era New Normal

Business Development Executive Ray White Indonesia, Robby Simon mengatakan, pasar properti di Surabaya jauh lebih baik dibanding pasar properti di wilayah Jabodetabek. Pada kuartal pertama 2020, pasar properti di Jabodetabek mengalami penurunan sebesar 50,1 persen, sementara pasar properti di Surabaya hanya tergerus di kisaran 20 persen hingga 30 persen.

"Penurunan ini pun bukan disebabkan karena daya beli yang tidak ada, tetapi lebih disebabkan karena psikologi pembeli saja. Hanya karena psikologi saja konsumen menunda pembelian. Jadi tinggal bagaimana mengubah persepsi mereka. Karena sebenarnya saat ini adalah waktu yang tepat untuk membeli properti," ujar Robby Simon saat webinar Kadin Jatim bersama Aptiknas dan Arebi Jatim, Senin (22/6/2020).

Lebih lanjut, Robby mengungkapkan, pandemi Covid-19 memang telah memberikan dampak yang cukup besar bagi banyak negara di belahan dunia, baik dari segi kesehatan ataupun ekonomi. Selain itu, ada banyak industri yang kolaps dan tutup sehingga mengakibatkan terjadinya gelombang PHK hingga memicu kemungkinan terjadinya resesi.

Baca Juga: Harga Properti Secondary di Surabaya Turun 30%

"Namun kondisi tersebut diperkirakan tidak akan terjadi di Indonesia. Kalau saya lihat, arahnya tidak ke sana. Daya beli masih ada dan institusi finansial juga masih bergerak positif. Saya lihat bisnis properti akan semakin cepat pulih dan semoga mulai mengarah pada kondisi recovery di semester kedua tahun 2020 ini," ujar Robby.

Menurut Robby, sebenarnya pada awal tahun 2020 pasar properti tanah air sudah menunjukkan gelagat yang cukup baik. Itu terlihat pada kuartal pertama tahun 2020, tercatat realisasi investasi properti mencapai Rp 100 triliun dengan jumlah proyek baru sebanyak 1.245 proyek di seluruh Indonesia. "Namun kinerja ini harus terhenti akibat pandemi Covid-19," tegasnya.

Mengingat pasar dan karakter konsumen sudah berubah, lanjut Robby, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan oleh pebisnis properti agar bisnisnya tetap bisa bertahan. Pertama, perencanaan bisnis atau business plan. Kedua, produk yang dijual. Ketiga, strategi marketing atau pemasaran. Terakhir, lokasi proyek.

Baca Juga: Milenial Minati Konsep Hunian Praktis dan Efisien

"Kalau dulu rumah yang diminati konsumen itu adalah rumah berkonsep Mediterania, maka sekarang sudah berubah. Konsumen saat ini lebih cenderung pada hunian yang bisa memenuhi seluruh kebutuhan mereka, rumah yang lebih luas dengan konsep hijau atau green. Kalau dulu rumah hanya berfungsi sebagai tempat istirahat, maka sekarang berfungsi sebagai empat bekerja dan juga tempat bersekolah bagi anak-anak mereka," ujarnya.

Disisi lain, lanjut Robby, strategi marketing juga harus diubah karena Covid-19 menjadi pertanda selesainya masa industrialisasi dan dimulainya masa digitalisasi informasi. Sehingga model promosi yang dilakukan harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

"Properti adalah kebutuhan yang paling mendasar bagi manusia, tetapi market saat ini lebih banyak berbicara tentang kebutuhan. Ada dua kriteria properti yang diminati dan cepat laku, pertama hunian yang ready stock dan kedua rumah seken yang nilai jualnya di bawah pasar," pungkas Robby.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Teten: Klinik UMKM Dukung Pencapaian 30 Juta UMKM Go Digital

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) berkolaborasi dengan Grab menggelar roadshow "Klinik UMKM" di berbagai daerah.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Menkeu: Subsidi Silang, Tarif Listrik 3.000 VA Akan Naik

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan kenaikan tarif listrik untuk pelanggan 3.000 Volt Ampere (VA) ke atas untuk subsidi silang.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Mastercard dan Ayoconnect Dorong Inklusi Keuangan lewat Open Banking

Melalui jaringan embedded finance Ayoconnect, Mastercard menghadirkan insentif bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan pembayaran tagihan di platform online.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Bupati Dhito Minta Apersi Ikut Kembangkan Kediri Raya

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana mendorong Apersi berkontribusi meramaikan pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan Bandara Kediri.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Pelayanan BBM Selama Periode Ramadan dan Lebaran Tuai Pujian

Tidak ada kekurangan pasokan BBM untuk SPBU-SPBU selama Ramadan serta tidak terjadi antrean signifikan terutama di Pertamina Region Jawa Bagian Barat.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Hari Kebangkitan Nasional, Jokowi: Tidak Ada yang Boleh Tertinggal

Memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Jokowi menyampaikan pesan, bahwa tidak boleh ada satupun masyarakat Indonesia yang tertinggal dan tersisihkan.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Menkeu Beberkan Asumsi Makro dan Pertumbuhan Ekonomi 2023

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan akan mencapai sekitar 5,3% sampai 5,9%.

EKONOMI | 20 Mei 2022

6.300 Anggota REI Komitmen Dukung Pemulihan Ekonomi

Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) menegaskan komitmen siap mendukung pemulihan ekonomi nasional pascapandemi.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Semua Sektor Hijau, IHSG Menguat 1,75%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 1,75% ke 6.942,45 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Jumat (20/5/2022).

EKONOMI | 20 Mei 2022

Teknologi Blockchain Berperan Penting di Era Industri 4.0

Teknologi blockchain memiliki penerapan yang luas dan peran yang sangat penting khususnya di masa industri 4.0 seperti saat ini.

EKONOMI | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Banjir 2 Meter Rendam Ribuan Rumah di Kutai Kartanegara

Banjir 2 Meter Rendam Ribuan Rumah di Kutai Kartanegara

NEWS | 27 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings