Wall Street Dibuka Menguat, Pasar Masih Berharap Reopening Berlanjut

Wall Street Dibuka Menguat, Pasar Masih Berharap Reopening Berlanjut
Ilustrasi bursa saham AS Wall Street. (Foto: AFP / Johannes Eisele)
Faisal Maliki Baskoro / FMB Senin, 29 Juni 2020 | 21:01 WIB

New York, Beritasatu.com - Bursa Amerika Serikat dibuka menguat pada perdagangan Senin (29/6/2020) meskipun kasus Covid-19 terus bertambah.

Dow Jones Industrial Average naik 0,8 persen pada bel pembukaan. Indeks S&P 500 naik 0,3 persen. Nasdaq turun 0,1 persen.

Pelaku pasar memilih saham dengan hati-hati, dengan harapan pembukaan kembali aktivitas ekonomi (reopening) di beberapa negara bagian terus berjalan.

Saham Boeing naik 5,6 persen menjelang pemeriksaan sertifikasi penerbangan Boeing 737 Max. Tes pesawat tersebut adalah ujian penting bagi Boeing yang terkena krisis kepercayaan sejak Maret 2019 akibat dua kecelakaan pesawat dalam rentang lima bulan yang menewaskan 346 orang.

Saham Southwest Airlines naik 3,4 persen setelah mendapat rekomendasi beli dari Goldman Sachs. Saham peritel Gap naik 1,9 persen dan Kohl's naik 1 persen.

Data Johns Hopkins University menunjukkan kasus Covid-19 di AS sudah menembus 2,5 juta. Pada hari Jumat lalu, terdapat 45.255 kasus baru. Pada hari Sabtu, Florida melaporkan 9.636 kasus dalam sehari, lalu pada hari Minggu tercatat 8.577 kasus baru. Negara bagian itu dan Negara Bagian Texas kembali membatasi aktivitas publik.

Saham Facebook anjlok 2,8 persen pada hari Senin setelah diboikot perusahaan-perusahaan besar karena dianggap gagal mengatasi ujaran kebencian di platformnya.



Sumber: CNBC.com