Bursa Eropa Dibuka Bervariasi

Bursa Eropa Dibuka Bervariasi
Ilustrasi (Foto: AFP)
Faisal Maliki Baskoro / FMB Selasa, 30 Juni 2020 | 16:03 WIB

Beijing, Beritasatu.com - Bursa Eropa dibuka bervariasi pada perdagangan Selasa (30/6/2020), ditopang oleh rilis data manufaktur Tiongkok yang lebih baik dari perkiraan pasar.

Indeks Stoxx600 turun 0,41 persen, DAX Jerman turun 0,25 persen, FTSE Inggris turun 0,9 persen, CAC Prancis turun 0,51 persen, FTSE MIB Italia turun 1,02 persen.

Menurut data Biro Statistik Nasional Tiongkok, indeks manufaktur (PMI) Tiongkok untuk bulan Juni naik ke 50,9 dari 50,6 bulan Mei. Survei Reuters sebelumnya memperkirakan PMI Tiongkok ada di angka 50,4. Indeks di atas 50 menunjukkan ekspansi, sedangkan di bawah 50 berarti kontraksi.

Sementara itu, produksi industri Jepang bulan Mei turun 8,4 persen dari bulan sebelumnya, menurut data awal Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri. Angka itu lebih buruk dari survei pasar Reuters yang memperkirakan penurunan 5,6 persen.

Perkembangan virus corona masih menjadi sentimen yang menyeret pasar. Pemimpin WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa dampak terburuk Covid-19 akan datang. "Kita semua ingin hidup normal, tetapi kenyataan pahitnya adalah wabah ini masih jauh dari akhir," kata dia dalam konferensi pers dari markas WHO di Jenewa, Swiss, Senin kemarin.

Tidak ada laporan keuangan perusahaan besar di Eropa dijadwalkan hari ini. Spanyol dan Inggris akan merilis data pertumbuhan ekonomi triwulan pertama hari ini.



Sumber: CNBC.com