Bursa Eropa Menguat Ditopang Data Tiongkok dan Vaksin dari AS

Bursa Eropa Menguat Ditopang Data Tiongkok dan Vaksin dari AS
Ilustrasi (Foto: AFP)
Faisal Maliki Baskoro / FMB Kamis, 2 Juli 2020 | 06:23 WIB

London, Beritasatu.com - Bursa Eropa ditutup menguat pada perdagangan Rabu (1/7/2020) ditopang kabar baik dari perkembangan vaksin virus corona di Amerika Serikat dan data ekonomi Tiongkok.

Indeks Stoxx600 naik 0,24 persen, DAX Jerman turun 0,41 persen, FTSE turun 0,19 persen, CAC Prancis turun 0,18 persen, dan FTSE MIB Italia turun 0,23 persen.

Awal perdagangan indeks DAX Jerman sempat mengalami kendala teknis sehingga volume perdagangan tertinggal jauh dari pasar modal lainnya di Eropa. Perdagangan kembali berlangsung 11.30 pagi di London.

Indeks manufaktur PMI yang dilansir Caixin/Markit menunjukkan angka 51,2, lebih baik dari ekspektasi survei pasar Reuters di 50,5. Angka resmi yang dilansir Pemerintah Tiongkok juga menunjukkan sektor manufaktur bertumbuh. Menurut data Biro Statistik Nasional Tiongkok, indeks manufaktur (PMI) Tiongkok untuk bulan Juni naik ke 50,9 dari 50,6 bulan Mei. Survei Reuters sebelumnya memperkirakan PMI Tiongkok ada di angka 50,4. Indeks di atas 50 menunjukkan ekspansi, sedangkan di bawah 50 berarti kontraksi.

Sebuah vaksin virus corona yang dikembangkan Pfizer dan BioNTech dilaporkan berhasil menciptakan antibodi penetralisir. Hasil penelitian ini sudah dipublikasikan secara daring tetapi belum dikaji jurnal medis/

"Kami sangat gembira akan data klinis BNT162b1, salah satu dari empat vaksin mRNA yang sedang kami uji klinis, di mana kami menemukan hasil awal yang baik," kata kepala riset Pfizer, Kathrin U. Jansen dalam rilisnya.



Sumber: CNBC.com