Logo BeritaSatu

Bank Muamalat Kembangkan Pembiayaan Haji Muda

Kamis, 2 Juli 2020 | 15:30 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk saat ini sedang mengembangkan produk pembiayaan untuk membantu kalangan milenial dalam menunaikan ibadah haji.

Menurut CEO Bank Muamalat Achmad K. Permana, pembiayaan ini nantinya akan menargetkan kalangan anak muda yang sudah berpendapatan namun belum mampu membayar langsung seluruh biaya haji. Terlebih, biaya haji reguler bisa mencapai Rp 35 juta bahkan hingga Rp 114 juta untuk haji khusus.

"Yang ingin kami kembangkan adalah pembiayaan bagi mereka yang sudah memiliki income. Isunya adalah mereka saat ini masih profesional muda atau baru bekerja, sehingga masih terbatas alokasinya untuk biaya haji," ungkap Achmad di konferensi pers di Jakarta, Kamis (2/7/2020).

Berkat bantuan keuangan dari Bank Muamalat, mereka bisa langsung mendapatkan porsi haji dan bisa menunaikan rukun Islam kelima tersebut di usia sekitaran 50 tahun.

Bank Muamalat, lanjut Achmad, telah memberangkatkan 120.000 jemaah tahun lalu.

"Mengenai berapa penabung haji, kami saat ini memiliki 1,5 juta penabung. Karena Bank Muamalat fokus di segmen itu, setengahnya adalah penabung haji dan umroh," imbuhnya.

Menurut Direktur Ritel Bank Muamalat Purnomo B Soetadi, ada sekitar 13 juta milenial yang dapat memanfaatkan fasilitas pembiayaan haji muda ini.

"Apabila dibandingkan dengan menabung, para milenial ini akan langsung terdaftar sebagai antrian haji di hari mereka melakukan pembiayaan. Ini akan sangat mempersingkat waktu antrian," pungkas Soetadi.

Terlebih, seseorang harus menyetor Rp 25 juta untuk bisa mendapatkan antrian.

Adapun pembiayaan haji muda ini merupakan bentuk dukungan Bank Muamalat terhadap Gerakan MINA (Mari Tunaikan Ibadah Haji Selagi Muda) yang diluncurkan oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) di tahun 2018.

Anggota Badan Pelaksana BPKH A. Iskandar Zulkarnain menyatakan, 75% orang mendaftar haji di usia 40 tahun. Dengan rata-rata waktu tunggu hingga 21 tahun, calon jemaah berada di kisaran 60 tahun ketika menunaikan ibadah haji. Sedangkan, sebagian besar kegiatan haji membutuhkan tenaga fisik.

"Pada saat Gerakan MINA diluncurkan, pertumbuhan pendaftar milenial masih 17% di tahun 2018," ujarnya.

Namun, pertumbuhan pendaftar milenial mencapai 42% di tahun kedua. Untuk memperkuat pertumbuhan ini, BPKH bekerja sama dengan Bank Muamalat sebagai salah satu mitra strategisnya.

Sebagai informasi, jumlah calon jamaah haji reguler yang menabung di Bank Muamalat per akhir 2019 sebanyak 107.494. Angka ini terus meningkat selama tiga tahun terakhir. Adapun jumlah calon jemaah haji khusus per akhir 2019 sebanyak 5.835 orang.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

Sejak diberi mandat sebagai BUMN transformasi, Danareksa bertugas menyehatkan BUMN sakit seperti Balai Pustaka hingga scaling up BUMN-BUMN lain.

EKONOMI | 29 November 2022

Mentan Yakin Produksi Beras Bisa Penuhi Kebutuhan Nasional

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo meyakini produksi beras lokal mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

EKONOMI | 29 November 2022

Buwas Beberkan Hal yang Harus Dibenahi agar Polemik Beras Tidak Terulang

Dirut Perum Bulog Budi Waseso atau Buwas menyampaikan, hal yang perlu dibenahi agar polemik impor beras tidak lagi terjadi di kemudian hari.

EKONOMI | 29 November 2022

Kejar Target Penjualan, Emdeki Utama Fokus Pasar Domestik

Produsen kalsium karbida atau karbit, PT Emdeki Utama Tbk (MDKI) tahun ini lebih berkonsentrasi di pasar domestik untuk mencapai target penjualan 22.006 ton.

EKONOMI | 29 November 2022

Gubernur Edy Tetapkan UMP Sumatera Utara 2023 Naik 7,45%

Pemprov Sumut resmi menetapkan upah minimum provinsi atau UMP Sumatera Utara 2023 naik 7,45% atau menjadi Rp 2.710.493,93. Senin (28/11/2022). 

EKONOMI | 29 November 2022

Dedi Mulyadi Beri Catatan jika Impor Beras Dilakukan

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi memberi catatan khusus jika nantinya impor beras menjadi opsi yang diambil untuk memenuhi cadangan beras pemerintah 

EKONOMI | 28 November 2022

UMP DKI 2023 Naik Jadi Rp 4,9 Juta, Ini Respons Pengusaha

Menurut Nurjaman, Apindo DKI keberatan terhadap kenaikan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta yang mencapai 5,6%.

EKONOMI | 28 November 2022

Buwas: Impor Beras untuk Antisipasi Kekurangan Produksi Dalam Negeri

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) menegaskan, di tengah kondisi stok beras di gudang Bulog yang kian menipis, impor beras perlu dipertimbangkan.

EKONOMI | 28 November 2022

Pelaku Parekraf Bergotong Royong Bantu Korban Gempa Cianjur

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi  upaya gotong royong pelaku Parekraf untuk membantu korban gempa Cianjur

EKONOMI | 28 November 2022

Indonesia Ternyata Masih Impor Beras, untuk Apa Saja?

Perum Bulog pada akhir tahun ini berencana melakukan impor beras untuk memenuhi cadangan beras pemerintah (CBP).

EKONOMI | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

EKONOMI | 2 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE