OJK: Likuiditas Perbankan Cukup untuk Berikan Modal Kerja

OJK: Likuiditas Perbankan Cukup untuk Berikan Modal Kerja
Ilustrasi (Foto: Beritasatu.com)
Lona Olavia / FER Kamis, 2 Juli 2020 | 18:55 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Anto Prabowo mengatakan, Bank Himbara dan asosiasi Industri Jasa Keuangan lainnya siap menjadi katalisator untuk mempercepat pemulihan sektor riil dan pemberian stimulus kredit modal kerja oleh pemerintah.

Baca Juga: Penyaluran Pinjaman Akseleran Tumbuh 6%

OJK juga akan menjembatani penyamaan kebutuhan antara pelaku usaha dengan sektor jasa keuangan yang didukung oleh pembukaan aktivitas ekonomi masyarakat.

"Kesediaan likuiditas di perbankan cukup ample siap disalurkan, tapi ini tergantung sektor riilnya bergerak yang tentunya dikaitkan dengan kondisi Covid-19 yang meningkat," kata Anto Prabowo dalam keterangan pers "OJK bersama Pelaku Usaha Menggerakkan Sektor Riil untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional" di Gedung BI, Jakarta, Kamis (2/7/2020).

Baca Juga: Restrukturisasi Kredit Diprediksi Tembus Rp 2.500-2.800 Triliun

OJK, ditegaskannya juga akan terus berkoordinasi dengan asosiasi pelaku usaha dan asosiasi Industri Jasa Keuangan untuk mempercepat pemberian stimulus modal kerja dan memastikan pelaksanaannya dapat tepat sasaran.

Sementara itu, OJK dalam dua hari ini telah bertemu dengan bank yang tergabung dalam Himbara dan asosiasi pengusaha di sektor riil untuk membangun komunikasi dan bersama-bersama merumuskan strategi dalam menggerakan sektor riil untuk percepatan program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Baca Juga: Bank Muamalat Kembangkan Pembiayaan Haji Muda

OJK akan melakukan review atas pelaksanaan kebijakan restrukturisasi oleh industri perbankan dan perusahaan pembiayaan agar nasabah benar-benar mendapat manfaat dari kebijakan restrukturisasi.



Sumber: BeritaSatu.com