Fitch: Akibat Covid-19, 33 Negara Kena Downgrade dan Akan Terus Bertambah
Logo BeritaSatu

Fitch: Akibat Covid-19, 33 Negara Kena Downgrade dan Akan Terus Bertambah

Jumat, 3 Juli 2020 | 16:35 WIB
Oleh : Faisal Maliki Baskoro / FMB

New Jersey, Beritasatu.com - Lembaga pemeringkat Fitch Ratings menurunkan peringkat kredit (downgrade) 33 negara/entitas di semester pertama tahun ini, dan jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dampak Covid-19 yang meruntuhkan perekonomian negara-negara di dunia.

Kepala pemeringkat surat utang global Fitch, James McCormack, mengatakan sebanyak 40 negara atau entitas memiliki outlook negatif. Ini berarti mereka berpotensi mendapatkan downgrade ke depannya.

"Dalam sejarah Fitch Ratings belum pernah terjadi 40 negara memiliki outlook negatif dalam saat yang bersamaan," kata McCormack kepada CNBC, Jumat (2/7/2020).

"Di semester pertama, kami menurunkan peringkat 33 negara. Ini belum pernah terjadi sebelumnya tetapi ini terjadi dalam setengah tahun," tambahnya.

Beberapa negara yang mendapatkan downgrade Fitch adalah Inggris, Australia, dan Hong Kong. Sementara untuk Indonesia, Fitch Ratings mempertahankan peringkat surat utang Indonesia di level BBB pada awal tahun ini.

McCormak mengatakan banyak pemerintahan yang meningkatkan belanja negara untuk melindungi perekonomian dari dampak ekonomi pandemi Covid-19. Hal ini akan menyebabkan berkurangnya kemampuan finansial 119 negara yang diperingkat Fitch. Dampaknya adalah defisit yang melebar atau surplus yang menyusut dalam anggaran pemerintah, atau naiknya utang negara.

Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan kebijakan lockdown telah mengganggu pertumbuhan ekonomi global. IMF memperingatkan utang sektor publik global bisa naik melebihi 100 persen dari produk domestik bruto (PDB) dunia.

Dalam laporan bulan Mei, Fitch juga memperingatkan gagal bayar surat utang bisa mencapai rekor baru tahun ini karena pandemi virus corona dan melemahnya harga minyak mentah dunia. Argentina, Ekuador, dan Libanon telah mengalami gagal bayar tahun ini.

McCormack mengatakan Fitch akan terus mengawasi pemerintahan mana yang mampu menurunkan utang mereka setelah lockdown dilonggarkan.



Sumber: CNBC.com

TAG: 


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Bursa Eropa Melemah Akibat Kekhawatiran Investor akan Covid-19

Sentimen positif data ketenagakerjaan AS dan pertumbuhan sektor jasa Tiongkok mendongkrak bursa, tetapi tertahan oleh sentimen kurva Covid-19.

EKONOMI | 3 Juli 2020

Grab Kecewa atas Putusan KPPU

Grab akan mengajukan banding terhadap putusan KPPU terkait dugaan diskriminasi mitra pengemudi.

EKONOMI | 3 Juli 2020

Bursa Asia Ditutup Menguat Ditopang Indikasi Pemulihan Ekonomi

Bursa Asia ditutup menguat pada perdagangan Jumat (3/7/2020) ditopang data lapangan pekerjaan AS dan pertumbuhan sektor jasa Tiongkok.

EKONOMI | 3 Juli 2020

ICH Raih Sertifikasi ISO 27001

ISO 27001 sendiri telah banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan di dunia, khususnya dalam rangka implementasi manajemen keamanan informasi

EKONOMI | 3 Juli 2020

Akhir Pekan, IHSG Ditutup di Zona Hijau

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,14 persen ke kisaran 4.973,8 pada akhir perdagangan hari ini, Jumat (3/7/2020).

EKONOMI | 3 Juli 2020

Stimulus Covid-19, Kredit Modal Kerja UMKM Disalurkan Pekan Depan

Pemerintah pada 25 Juni lalu telah menempatkan uang negara di Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) dengan total Rp 30 triliun.

EKONOMI | 3 Juli 2020

Serapan Anggaran Kesehatan Rendah, Kemkeu Sederhanakan Proses Administrasi

Dari Rp 87,55 triliun yang dialokasikan untuk anggaran kesehatan dalam penanganan Covid-19 masih rendah, yang terserap baru sebesar 4,68%.

EKONOMI | 3 Juli 2020

Rentenir Online dan Investasi Bodong Menjamur di Tengah-tengah Covid-19

Maraknya fintech peer to peer lending ilegal itu sengaja memanfaatkan kondisi melemahnya perekonomian masyarakat akibat pandemi Covid-19.

EKONOMI | 3 Juli 2020

KKP Jaga Pasar Ekspor Perikanan di Amerika Serikat dan Uni Eropa

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan menjaga pasar ekspor produk perikanan di Amerika Serikat dan Uni Eropa.

EKONOMI | 3 Juli 2020

Begini Cara Perusahaan Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Menurut Reza Widyaprastha, pihak human resources di perusahaan harus menjadikan kondisi saat ini sebagai peluang untuk bisa bertahan.

EKONOMI | 3 Juli 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS