BRI Syariah Dapat Tambahan Kuota KUR Rp 1,5 Triliun

BRI Syariah Dapat Tambahan Kuota KUR Rp 1,5 Triliun
Peluncuran iKurma milik BRIsyariah (Foto: istimewa)
Novy Lumanauw / FER Senin, 6 Juli 2020 | 16:45 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Memasuki era penerapan kebijakan tatanan normal baru atau new normal, PT Bank BRIsyariah Tbk (BRIsyariah) memperoleh penambahan kuota kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp 1,5 triliun.

Baca Juga: BRI Syariah Permudah Akses Pembiayaan

"Alhamdulillah, BRIsyariah terus dipercaya oleh pemerintah sebagai bank syariah penyalur KUR. Hal ini tidak lepas dari transformasi digital dan kultur yang kami lakukan agar bisa mencapai target sembari tetap berpegangan pada administrasi yang baik,” kata Direktur Bisnis Ritel BRIsyariah, Fidri Arnaldy, di Jakarta, pada Senin (6/7/2020).

Fidri mengatakan, penambahan kuota menyusul keberhasilan BRIsyariah memenuhi target penyaluran KUR, pada pertengahan tahun 2020. Hingga bulan Juni 2020, BRIsyariah membukukan penyaluran KUR sebesar Rp 2,8 triliun atau 94 persen dari target pada tahun 2020.

Keberhasilan itu, lanjutnya, terkait erat dengan kebijakan korporasi menerapkan sistem aplikasi i-Kurma, yang dinilai efektif meningkatkan kinerja BRIsyariah dalam proses transformasi digital.

Baca Juga: BRI Syariah Berdayakan UMKM Pesantren

"Di tengah imbauan penerapan physical distancing, i-Kurma memungkinkan tenaga pemasar pembiayaan kami untuk bekerja secara efektif dan efisien. Mereka bisa memproses pengajuan pembiayaan dari mana saja melalui smartphone. Lewat transformasi digital dan kultur yang kami lakukan, BRIsyariah mampu meningkatkan rata-rata produktivitas tenaga pemasar pembiayaan sampai 98 persen,” jelas Fidri.

Menurut Fidri, dalam menyalurkan KUR, BRIsyariah menyasar ke sektor-sektor produktif yang tetap dibutuhkan di masa pandemi antara lain, sektor pangan, pertanian, peternakan, alat kesehatan, dan obat-obatan.

Hingga tahun 2020 terdapat 11.821 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang merasakan manfaat KUR melalui BRIsyariah. Para pelaku usaha itu tergabung dalam komunitas seperti Bekraf, MUI, YBM BRI, pondok pesantren, dan komunitas lainnya.

Baca Juga: Pemprov Libatkan Bank DKI Pulihkan Ekonomi Warga

"Pada tahun 2020 BRIsyariah optimistis dapat menyalurkan KUR hingga Rp 4,5 triliun kepada lebih dari 50.000 nasabah,” kata Fidri.



Sumber: BeritaSatu.com