Sandiaga: Penyerapan Stimulus Covid-19 untuk UMKM Harus Ditingkatkan

Sandiaga: Penyerapan Stimulus Covid-19 untuk UMKM Harus Ditingkatkan
Sandiaga Uno. (Foto: Beritasatu Photo / Ruht Semiono)
Carlos Roy Fajarta / WBP Selasa, 7 Juli 2020 | 13:11 WIB

Jakarta, Beritasatu.com- Pengusaha Sandiaga Uno meminta pemerintah segera mengoptimalkan penyerapan dana stimulus kepada usaha mikro kecil menengah (UMKM) agar lebih berdampak dan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

"Harus ada upaya yang dapat dilakukan dengan cara reorientasi baru di sektor ekonomi. Jika kita fokus pada narasi besar tanpa ada eksekusi kemungkinan ekonomi semakin terpuruk. UMKM harus direvitalisasi, apalagi sektor ini memegang peran vital," ujar Sandiaga Uno, dalam keterangan tertulisnya Selasa (7/7/2020).

Baca juga: Teten: Layanan Konsultasi Bantu UMKM Naik Kelas

Sandiaga menjelaskan, saat ini 47 persen UMKM terhenti usahanya akibat Covid-19. Di tengah lesunya bisnis, penjualan UMKM dan pesanan drastis terjun. Dampaknya logistik tidak lancar dan kredit macet harus dihadapi perbankan.

"Untuk itu perlu ada reprioritas untuk UMKM, sektor tersebut selama ini dapat bertahan di tengah krisis dan bangkit. Pemerintah sudah membuat paket kebijakan Rp 34,15 triliun, namun harus ditingkatkan realiasi penyerapannya yang masih kurang dari 1 persen," lanjut Sandiaga Uno.

Ia yakin peran UMKM yang amat besar dalam menggerakkan roda perekonomian. Apabila paket kebijakan dari pemerintah dapat diserap dengan baik dan tepat sasaran, maka berdampak positif pada ekonomi Indonesia.



Sumber: BeritaSatu.com